Tips mencegah malware di Android

Jurnalteman – Memiliki perangkat Android yang terjangkit malware memang mengesalkan. Apalagi malware ini menyebabkan perangkat Android Anda menjadi sangat lambat dan mengganggu aktivitas mobile Anda.

Banyak cara yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah membayar salah satu anti virus untuk menghapus malware tersebut. Namun, ada cara lain yang bisa Anda gunakan tanpa harus membayar dan dengan mudah bisa Anda coba.

Jurnalteman – Tips ini bisa Anda gunakan untuk menghapus malware pada perangkat Android Anda.

Pertama-tama, Anda harus Boot perangkat Android Anda pada Safe Mode. Pasalnya pada Safe Mode, Anda dapat menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga termasuk malware.

Untuk masuk ke Safe Mode, Anda dapat menekan tombol ‘power’ untuk reboot Android Anda. Setelah itu akan muncul di layar tulisan ‘Power Off’, kemudian tekan lama tulisan tersebut sehingga muncul pop-up yang menanyakan untuk reboot ke Safe Mode. Setelah itu, Anda bisa pilih ‘Ok’ pada pop-up tadi.

Namun, jika malware yang ada pada perangkat Android Anda tidak memungkinkan menjalankan cara yang di atas. Maka, Anda bisa melepas baterai perangkat Android dan memasangnya kembali untuk melakukan Hard Reset.

Untuk perangkat Android dengan baterai yang tidak bisa dilepas, Anda bisa melakukan Hard Reset dengan menekan dan menahan tombol ‘Power’ selama 10 detik. Jika tidak berhasil, Anda bisa menekan tombol ‘Power’ dan tombol ‘volume’ turun selama 10 detik secara bersamaan.

Setelah itu, saat perangkat Anda melakukan booting, maka Anda harus cepat menekan dan menahan kedua tombol ‘volume’ untuk masuk ke Safe Mode. Namun, untuk perangkat Android yang lawas, Anda bisa menekan tombol ‘Menu’ pada perangkat Anda.

Anda bisa mengetahui berhasil atau tidaknya masuk ke Safe Mode dengan melihat tulisan ‘Safe Mode’ pada tampilan layar di sudut kiri layar Anda.