Hasbro mulai ungkap rencana Transformers 6

Jurnalteman – The Last Knight, film kelima Transformers besutan Michael Bay akan tayang di bioskop mulai pekan depan. Pihak Hasbro, perusahan mainan pemilik lisensi karakter Transformers, telah mengungkap rencana cerita dan sutradara untuk film keenam yang akan dirilis pada 2019.

“Belum ada sutradara (untuk Tranformers 6), tapi kami yakin nanti akan dapat sutradara sesuai jadwal. Kami punya ratusan karakter dalam mitologi. Orang-orang belum tahu banyak tentang planet asal mereka. Kami sedang memikirkan kisah yang akan diceritakan berikutnya,” kata CEO Hasbro Brian Goldner.

Dalam dunia fiksi film Transformers, planet asal para robot bernama Cybertron. Film pertama Transformers (2007) bercerita bahwa planet ini rusak dan karena itu ditinggalkan oleh para robot yang menuju Bumi. Dalam film ketiga (2011), Cybertron hancur setelah para robot jahat gagal membawa planet tersebut ke Bumi.

Karena itu, film keenam barangkali akan menjadi sebuah prekuel. Persoalan latar waktu memang tidak menjadi masalah bagi waralaba film Transformers, karena film keempat (2014) punya satu bagian cerita berlatar Bumi era prasejarah ketika dinosaurus hidup. Trailer film kelima juga menampilkan para robot yang terlibat dalam perang abad pertengahan dan perang dunia pertama.

Rencana pergantian sutradara bisa jadi tidak terlalu serius. Kendati cukup sering menyatakan akan mundur, Michael konsisten menjadi sutradara untuk lima seri Transformers sejak 2007. Seperti dirangkum Gizmodo, beberapa kali Michael pernah memberi isyarat mundur setelah seri ketiga Dark of The Moon. Namun dia kembali lagi sebagai sutradara untuk Age of Extinction dan terakhir The Last Knight.

Pada awal 2016, Michael juga pernah menyatakan kepada Rolling Stone, bahwa dia tidak akan terlibat lagi dalam sekuel Transformers setelah seri kelima.

“Aku sedang mengerjakan Transformers 5. Aku telah melakukan banyak pekerjaan. Senang rasanya membuat film yang akan ditonton 100 juta orang. Tapi ini adalah yang terakhir. Aku harus meneruskannya ke orang lain. JJ Abrams bilang padaku, ‘hanya kamu yang bisa melakukan ini’. Namun ini waktunya berhenti. Satu (film) lagi,” kata Michael.

Transformers: The Last Knight akan tayang di bioskop Indonesia mulai Kamis 22 Juni 2017. Sementara Hasbro juga sedang menyiapkan film sempalan tentang robot Bumblebee besutan Travis Knight untuk dirilis pada 2018.