Contoh Jurnal Sinta

Halo teman-teman, Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai contoh jurnal sinta, buat kamu yang penasaran bisa simak artikel ini sampai selesai.

Bahwasannya contoh jurnal sinta merupakan sistem penilaian karya tulis ilmiah yang diurus oleh kementrian riset dan teknologi atau badan riset dan inovasi nasional republik Indonesia.

Jadi jurnal sinta bertujuan sebagai bahan evaluasi objektif terhadap jurnal ilmiah yang ada di Indonesia, selain itu dapat memfasilitasi publikasi hasil penelitian secara nasional ataupun internasional oleh para peneliti di Indonesia.

Pengertian Jurnal Sinta

Sebelum kita membahas mengenai contoh jurnal, alangkah baik nya kamu mengetahui terlebih dahulu pengertian dari jurnal sinta itu apa.

Jadi jurnal sinta adalah suatu sistem penelitian jurnal ilmiah yang terkemuka di Indonesia, sistem penilitian seperti ini dilakukan oleh Kemenristek atau BRIN dengan cara mengumpulkan semua informasi dan data dari sebuah jurnal yang sudah terdaftar dalam sinta.

Selain itu jurnal sinta juga menyediakan layanan seperti jasa sertifikasi International Standard Serial Number (ISSN), dan Electronic International Standard Serial Number ( EISSN).

Simak Juga: Format Penyusunan Kerangka Jurnal

Contoh Jurnal Sinta

Nah, setelah kamu mengetahui pengertian dari jurnal sinta, sekarang tinggal membahas contoh dari jurnal ilmiah yang terdaftar di jurnal sinta.

Dibawah ini adalah beberapa contoh jurnal sinta :

  1. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin (JITM)

Contoh yang pertama yaitu jurnal sinta JITM, jadi JITM adalah sebuah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh departemen teknik mesin yaitu perguruan tinggi di Ponegoro Fakultas Teknik.

Pada bidang ini jurnal tersebut membahas mengenai sebuah penelitian dalam teknik mesin, seperti mekanik fluida, mekanika material, termodinamika, manufaktur, dan teknik energi.

Bahwasannya jurnal JITM yang terindeks Sinta hanya  berakreditasi Sinta 2, namun JITM juga terdaftar dalam sebuah data internasional seperti Directory of Open Access Journals (DOAJ), Scopus, dan Google Scholar.

Jadi JITM juga memiliki visi untuk menjadi sebuah jurnal terkemuka dalam bidang teknik mesin di tingkatan nasional dan internasional.

  1. Jurnal Ilmu Lingkungan (JIL)

Selanjutnya yaitu jurnal ilmu lingkungan yang merupakan program studi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dari Universitas Gadjah Mada.

Jadi jurnal ini membahas mengenai penelitian dari sebuah bidang ilmu lingkungan, seperti biologi lingkungan, mitigasi bencana, kualitas udara, dan kualitas air.

Jurnal ilmu lingkungan ini terindeks oleh sinta dengan nilai akreditasi Sinta 2, selain itu jurnal ilmu lingkungan ini juga terdaftar dalam sebuah basis data internasional seperti DOAJ, Scopus, dan Google Scholar.

Jadi jurnal ilmu lingkungan ini mempunyai visi sebagai jurnal yang terkemuka, dalam sebuah jurnal ilmu lingkungan di tingkat nasional dan internasional. 

  1. Jurnal Kesehatan Reproduksi (JKR)

Jurnal kesehatan reproduksi ini merupakan suatu program Studi Kesehatan Reproduksi, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 

Isi dari jurnal kesehatan reproduksi inj membahas mengenai penelitian dalam suatu bidang kesehatan, seperti kesehatan seksual, kesehatan reproduksi remaja, kesehatan seksual, dan kebidanan.

Jurnal ini terindeks sinta dengan akreditasi Sinta 1, dan jurnal ini terdaptar dalam beberapa basis data internasional seperti DOAJ, Scopus, dan Google Scholar.

  1. Jurnal Psikologi (JP)

Jurnal psikologi merupakan salah satu jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, jurnal ini membahas mengenai penelitian dari sebuah bidang psikologi, seperti psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi industri, dan psikologi klinis.

Jurnal psikologi ini terindeks di Jurnal Sinta dengan nilai akreditasi sinta 2, dan jurnal ini juga sudah terdaftar di beberapa basis data internasional seperti DOAJ, Scopus, dan Google Scholar.

  1. Jurnal Teknik Sipil (JTS)

Contoh terakhir yaitu jurnal teknik sipil jadi jurnal ini diterbitkan oleh Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, dari Universitas Kristen Petra, penelitian jurnal ini membahas mengenai bidang teknik sipil, seperti geoteknik, struktur, transportasi, dan lingkungan.

Jadi jurnal teknik sipil ini terindeks sinta dengan nilqi akreditasi sinta 2, selain itu jurnal ini juga terdaftar dibeberapa basis data internasional seperti DOAJ, Scopus, dan Google Scholar.

Kesimpulan

Mungkin cukup itu saja pembahasan mengenai contoh jurnal sinta, semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat dan membantu teman-teman semuanya. Terimakasih!!!

https://www.kemdikbud.go.id/