Cara Melihat Indeks Scopus

Bagi para akademisi, peneliti, dan pencinta ilmu pengetahuan, menjelajahi lautan informasi ini menjadi sebuah keharusan. Pada kesempatan ini kami akan memberikan Anda informasi lengkap mengenai Cara Melihat Indeks Scopus. Simak dibawah ini!

Scopus bagaikan mercusuar yang menerangi jalan para pencari ilmu. Platform ini menyediakan akses ke jutaan artikel ilmiah berkualitas tinggi dari berbagai disiplin ilmu. Bagi para penulis, Scopus menjadi tolok ukur prestise dan kredibilitas karya ilmiah mereka.

Simak Juga: Format Penyusunan Kerangka Jurnal

Namun, bagaikan lautan luas, Scopus pun memiliki kompleksitasnya sendiri. Bagi para pemula, menjelajahi Scopus dan memahami indeksnya bisa menjadi hal yang membingungkan.

Cara Melihat Indeks Scopus

cara melihat indeks scopus

Jangan khawatir! Artikel ini hadir untuk memandu Anda menjelajahi Scopus dengan mudah. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melihat indeks Scopus:

1. Akses Scopus

Langkah pertama adalah mengakses platform Scopus. Anda dapat mengunjungi situs web resmi Scopus di https://www.scopus.com/.

2. Buat Akun

Untuk mengakses fitur-fitur Scopus secara maksimal, Anda perlu membuat akun. Pendaftaran akun Scopus mudah dan gratis.

3. Temukan Jurnal yang Diinginkan

Setelah memiliki akun, Anda dapat mulai menjelajahi Scopus. Gunakan kolom pencarian di bagian atas halaman untuk menemukan jurnal yang Anda inginkan. Anda dapat mencari berdasarkan judul jurnal, ISSN, nama penerbit, atau kata kunci.

4. Periksa Indeks Scopus

Setelah menemukan jurnal yang Anda inginkan, buka halaman detail jurnal tersebut. Di halaman ini, Anda akan menemukan berbagai informasi tentang jurnal, termasuk indeks Scopusnya.

Indeks Scopus diukur berdasarkan beberapa faktor, seperti:

  • SJR (Scopus Journal Rank): Peringkat jurnal berdasarkan jumlah sitasi yang diterima dalam dua tahun terakhir.
  • SNIP (Source Normalized Impact per Paper): Rata-rata jumlah sitasi per artikel yang dipublikasikan dalam jurnal tersebut selama tiga tahun terakhir.
  • CiteScore: Metrik yang mengukur pengaruh jurnal berdasarkan jumlah sitasi yang diterima dalam satu tahun.

5. Memahami Arti Indeks Scopus

Semakin tinggi nilai SJR, SNIP, dan CiteScore, semakin tinggi pula reputasi dan pengaruh jurnal tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa indeks Scopus bukanlah satu-satunya tolok ukur kualitas jurnal. Anda juga perlu mempertimbangkan faktor lain, seperti relevansi jurnal dengan bidang penelitian Anda, kredibilitas penerbit, dan kualitas artikel yang dipublikasikan.