ViralMirip Liang Kubur, Ini Penampakan Kos-kosan Sempit 2×1 Meter di Johar Baru Jakarta A

Ada pepatah bilang, semegah apapun kamar tidurmu sekarang nanti kalo sudah mati akan tetep tidur di liang sempit kuburan. Ya pepatah itu memang benar dan untuk merasakannya tak harus mati, cobalah untuk menyewa kos-kos an yang beralamat di Johar Baru Jakarta Pusat. Ukuran kamarnya sangat sempit mirip seperti liang kubur dengan panjang 2 meter dan lebar 1 meter.

Jangan membayangkan kamar ini muat lemari, rak belajar, meja, dispenser atau yang lainnya, karna kamar ini hanya cukup untuk menampung sebuah tempat tidur kecil saja. Gara-gara hal tersebut, kos-kosan super sempit ini ditutup oleh Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi. Fasilitas kos itu dianggap tak manusiawi bahkan lebih pengap dari sebuah gudang, dan juga tidak memiliki izin.

Kos-kosan Kotak 2x1 Akhirnya Ditutup

Mengutip dari detik.com, Bersama dengan aparat satpol pp dan dinas cipta karya DKI Jakarta, rumah Kos-kosan 2×1 Meter di Johar Baru Jakarta Pusat ini segera ditertibkan lantaran tidak berizin.

“Semua perizinan terkait cipta karya ini tidak ada izin. Dari Cipta Karya segera bikin surat teguran kepada pemilik karena ini tidak layak dan dalam 1-2 hari ini agar ditutup. Kalau tidak ini nanti di-police line, imbuh Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi

Irwandi juga menambahkan izin rumah kos-kosan ‘box’ a la apartemen mini Hong Kong ini tak ditemukan di Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) DKI Jakarta. Selain itu, ukurannya yang cuma 2×1 meter dinilai tak layak untuk menjadi rumah kos seperti pada umumnya.

“Ini katanya kos-kosan katanya ala model Taiwan. Tapi Taiwan juga nggak begini. Ini kos-kosan tidak manusiawi. Di PTSP tidak ada izin pembangunan cipta karya, dan kita juga koordinasikan dengan pak lurah juga, camat, pak rw, karena tidak layak akan segera kita tutup imbuh Irwandi bersungut-sungut.

Rumah kos-kosan ini viral dalam beberapa hari terakhir lantaran ukurannya yang sangat mini, mirip apartemen mini yang ada di Hong Kong. Dengan ukuran kamar sekitar 1×2 meter, rumah kos-kosan ini dibanderol Rp 300-400 ribu per bulan.

Dianggap Tak Manusiawi, Kos-kosan Kotak 2x1 di Johar Baru Ditutup

Rumah kos ini terdiri dari tiga lantai, di mana kamar kos nya sendiri berada pada lantai dua dan tiga. Dengan total 60 kamar yang tersedia, kos-kosan box ini disediakan untuk pria dan wanita.

Fasilitas yang disediakan oleh pemilik kos berupa satu AC 2PK di setiap lantai serta satu buah kasur. Rumah kos ini ramai diminati warga lantaran harganya yang terjangkau dan lokasi yang cukup strategis di pusat kota.

Rumah kos-kosan ini sendiri sudah berdiri sekitar lima tahun. Ketua RW 04 Rawa Selatan, Johar Baru, Afrinal mengaku sudah beberapa kali memanggil pemilik kos-kosan ini namun belum ada tindak lanjut hingga akhirnya ramai dibahas di dunia maya. Namun tak semua netijon menyetujui cara Wakil Wali Kota yang menutup tempat usaha kos-kosan mirip kuburan itu, sebagian besar membela pemilik kost, begini komentar mereka;

“apa bedanya dengan sleep box di bandara…ini kan cara orang kecil bertahan di jakarta, sepanjang memenuhi kesehatan..toh hanya untuk tidur istirahat, yg penting ada fasiltas ruang tamu atau ruang utk relaks bersama..jangan arogan sama orang kecil @didik har

“Kayanya inspirasinya dari liang lahad, ukurannya sama sih @Cihuy

“Lah kalau ditutup itu yg ngekos dipaksa sewa yg lebih mahal gitu ? lebih gak manusiawi lagi pak . apa skalian dirumah bapak saja ? @ngatyme

“Di depok juga ada tuh … cek aja aplikasi mamikos ….. lokasi nya deket sama mall ternama di depok ….. cm di batesin sama gipsum tiap kamarnya ….@Adriaans Nasrudin