11 Fosil Telur Dinosaurus berusia 66 juta tahun Tak sengaja ditemukan Bocah asal China

Lagi asyik-asyik unch main di tepi sungai Dongjiang bersama ibunya, bocah 9 tahun tak sengaja menemukan 11 fosil telur dinosaurus. Mengutip dari asiaone.com, bocah laki-laki bernama Zhang Yangshao dan ibunya Li Xiaofang awalnya mereka sedang melewati jembatan Dongjiang yang ambruk di dekat tepi sungai. Jembatan itu tampak terbelah akibat banjir dan bagian tanah dibawahnya sedikit mengangkang.

Zhang kemudian berteriak melenguh memanggil ibunya untuk mendekat, ia mengatakan kalau batu-batu bulat itu tampak seperti telur hewan namun berukuran raksasa. Menyadari kalau temuan putranya tersebut bukanlah benda biasa melainkan sebuah fosil kuno, Li Xiaofang pun segera menghubungi pihak Museum Dinosaurus Heyuan.

11 Fosil Telur Dinosaurus berusia 66 juta tahun Tak sengaja ditemukan Bocah asal China

Foto Zhang Yangshao dan ibunya Li Xiaofang di lokasi penemuan fosil telur dinosaurus

Para staf museum didampingi oleh Kepolisian kemudian melakukan penggalian di lokasi temuan telur dinosaurus itu, dan hasilnya jauh lebih mengejutkan karna ditemukan lebih banyak lagi telor-telor dinosaurus. Total ada 11 fosil telur dinosaurus berukuran 9 cm yang masih dalam keadaan utuh sempurna, diperkirakan usia telur purba itu sudah 66 juta tahun.

Pakar ilmu paleontologi dari Museum Dinosaurus Heyuan mengonfirmasi bahwa fosil yang ditemukan bocah itu terbukti benar berasal dari periode Cretaceous yang dimulai dari akhir periode Jura (Jurassic) hingga awal periode Paelosen, sekitar 145,5 juta tahun lalu hingga 79 juta tahun lalu.

Penampakan 11 Fosil Telur Dinosaurus berusia 66 juta tahun

fosil telur dinosaurus

Kota Heyuan memang sudah lama dikenal sebagai situs bersejarah hewan-hewan purba jaman dahulu, kota ini juga sampai dijuluki sebagai surganya Dinosaurus di masa lalu. Tak berlebihan julukan ini karna sejak tajun 1996 sampai saat ini sudah ditemukan ribuan fosil tulang belulang dan telur-telur dinosaurus si hewan raksasa itu.