12 hewan tertua dengan umur terpanjang hingga ratusan tahun hidup di dunia

12 hewan tertua dengan umur terpanjang hingga ratusan tahun hidup di dunia ini disebut-sebut sebagai “makhluk abadi”. Saking lamanya menghuni muka bumi, mereka sudah eksis dari jaman nenek kita masih pejawan tingting sampai nanti kita punya anak, cucu, cicit sekalipun. Ajaibnya lagi, selain panjang umur wajah mereka juga tetap awet muda seolah tak lekang dimakan waktu. Ok sahabat kejadiananeh.com, biar gak kelamaan langsung saja kita garukk!

1. Kerang geoduck (Panopea generosa)

Hewan Tertua

Berhabitat di laut, Kerang Geoduck yang mirip bentuk tubuhnya dengan belalai lanang ini rata-rata umurnya bisa mencapai 140 tahun. Selain bentuk tubuhnya yang unik Geoduck juga dijuluki sebagai kerang terbesar di dunia, karena ukuran tubuhnya yang super jumbo 15 cm, 20 cm sampai 1 meter. Dan penemuan terakhir Kerang Geoduck sepanjang 1,2 meter oleh para ahli biologi laut diketahui umurnya sudah berusia 168 tahun.

2. Kura-kura Tertua di Dunia 

Kura-kura si tua keladi memang dikenal sebagai salah satu hewan berumur panjang yang bisa mencapai ratusan tahun. Salah satu contohnya Adwaita, kura-kura raksasa berjenis Aldabra giant tortoise dari India ini. Adwaita pertama kali ditemukan sekitar tahun 1700 an di sebuah kepulauan terpencil Seychelles.

kura-kura tertua

Sejak itu Adwaita menjadi hewan peliharaan turun temurun sebuah keluarga. Namun dikemudian hari Adwaita diberikan sebagai hadiah untuk Jenderal Inggris Robert Clive dari East India Company. Setelah itu jenderal Clive menghibahkan Adwaita ke kebun binatang Calcuta, India dan selamanya hidup damai disana sampai akhir hayatnya di usia 255 tahun pada 2006 lalu.

3. Tuatara (genus Sphenodon)

hewan umur terpanjang

Tuatara merupakan reptilia yang mirip sekali dengan kadal persilangan buaya, tapi mereka bukanlah bangsa kadal. Sebagai makhluk purba era Dinosaurus yang sudah hidup sejak 200 juta tahun lalu, binatang endemik asal Selandia Baru ini bisa mencapai umur sampai ratusan tahun.

Tuatara

Salah satunya Tuatara milik Pangeran Harry Inggris yang sudah berusia 121 tahun dan masih hidup sampai sekarang.

4. Landak Laut Merah (Red Sea Urchin)

hewan dengan umur terpanjang

Landak laut merah yang tenar juga dengan nama bulu babi ini mungkin menjadi satu-satunya perwakilan hewan dasar laut yang bisa mencapai panjang umur lebih dari 200 tahun lamanya.

5. Hanako Ikan Koi Tertua di Dunia

Hanako Ikan Koi Tertua

Sahabat kejadiananeh.com, kamu pasti tak menyangka kalau ikan hias yang kamu pelihara di rumah juga bisa berumur panjang. Contohnya Hanako Ikan Koi asal Jepang yang mendapatkan penghargaan ikan koi paling tua di dunia dari Guinness World Records. Hanako lahir pada tahun 1751 di era dinasti Tokugawa, sayangnya Hanoko sudah mati suntuk ketika belum lama merayakan ulang tahunnya yang ke 226 tahun pada tanggal 7 Juli 1977.

6. Rougheye Rockfish

umur hewan tertua

Ikan berambut spike yang tubuhnya bisa mencapai 1 meter lebih sedikit ini juga dikenal reputasinya sebagai hewan dengan masa hidup terpanjang di dunia dengan rata-rata usia 205 tahun.

7. Hiu Greenland berusia 400 Tahun

hewan tertua ratusan tahun

Para ilmuwan dalam jurnal Science mengungkapkan fakta baru bahwa Hiu Greenland menjadi hewan bertulang belakang (vertebrata) dengan umur tertua di Bumi. Dengan menggunakan penanggalan radiokarbon, usia Hiu Greenland dikatakan bisa mencapai 400 tahun, bahkan lebih lama daripada itu.

8. Bowhead Whales (Paus kepala busur/Paus Arktik)

hewan usia terpanjang

Tak hanya dikenal awet muda, ikan Paus kepala busur juga dikenal hebat untuk bertahan hidup. Pasalnya hewan mamalia ini pernah ditemukan oleh para Ilmuwan dengan ujung tombak masih berada di dalam daging paus tersebut. Setelah dilakukan penelitian, ujung tombak itu berasal dari 200 tahun yang lalu ketika ia berhasil lepas dari perburuan nelayan jahat.

9. Lamellibrachia Tube Worms

hewan abadi

Dijuluki dengan nama cacing tabung/cacing pipa, kehidupan mereka bergantung pada hidrogen sulfida di sepanjang ventilasi hidrokarbon dasar laut sebagai nutrisi mereka. Bertubuh unik warna-warni, cacing tabung hidupnya berkelompok dan selalu berkumpul bersama-sama sampai masa tua mereka hingga 170 sampai 250 tahun lamanya, inikah yang dinamakan persahabatan sejati? 😀

10. Ming si Kerang Ajaib dari Islandia 

Ada kisah tragis dibalik rekor kerang tertua di dunia bernama “Ming”. Ming adalah spesies kerang asal Islandia yang juga dikenal dengan nama ilmiah quahog laut (Arctica islandica). Kerang tertua Ming lahir pada tahun 1955 di zaman Dinasti Ming sedang berkuasa di China.

ming kerang tertua

Ming ditemukan oleh para ilmuwan Universitas Bangor dari dasar laut Islandia di tahun 2006 lalu. Sayangnya para peneliti tidak sengaja membunuh Ming saat itu yang hendak membuka cangkangnya untuk mengetahui berapa usianya. Karena untuk mengetahui berapa usia kerang, dapat dilihat dari guratan maupun alur-alur cincin yang ada di cangkang.

Ming si kerang ajaib itu akhirnya mati di usia 507 tahun. Fakta menarik dari kehidupan Ming sebelum ia mati, para ilmuwan dapat mengetahui perubahan suhu laut selama 5 abad terakhir, semua rahasia ini terungkap lewat cangkang Ming.

11. Antarctic Sponge

Antarctic Sponge

Mahkluk bawah dasar laut Antartika ini terkenal tidak aktif, dan para penyelam sering menyangkanya sebagai jenis tumbuh-tumbuhan padahal Antarctic Sponge adalah hewan spora yang bisa hidup hingga ribuan tahun. Penemuan Antarctic Sponge paling tua diketahui sudah berusia 1550 tahun lamanya.

12. Ubur-ubur Abadi (Turritopsis dohrnii – The Immortal Jellyfish)

Ubur-ubur Abadi

Kehidupan ubur-ubur Turritopsis dohrnii seolah mematahkan teori bahwa tak ada makhluk hidup yang diciptakan abadi di dunia ini. Namun kenyataannya Turritopsis dohrnii mungkin satu-satunya hewan di muka bumi ini yang berhasil mencapai keabadian. Sahabat kejadiananeh.com, hayoo tebak berapakah usia tertua sekaligus terpanjang dari ubur-ubur menakjubkan ini?

Bukanlah jutaan tahun, ribuan tahun apalagi ratusan tahun. Ubur-ubur Turritopsis dohrnii hidupnya abadi, siklus hidupnya sangat aneh dan ajaib. Setiap mereka remaja berkembang ke dewasa kemudian balik lagi ke tahap immature polpy, anehnya struktur organ mereka justru kembali muda seperti baru saja dilahirkan. Tak berlebihan jika para ilmuwan menjulukinya sebagai hewan tertua paling abadi di dunia.