Satu lagi Superhero Indonesia siap beraksi!

Setelah sukses menggarap film horor Indonesia terlaris sepanjang masa yang juga telah mendunia ‘Pengabdi Setan‘, Joko Anwar tahun ini akan mencoba menggarap film lain yang siap ‘meledak’ kembali di bioskop berjudul ‘Gundala‘.

Proyek pembuatan film “Gundala” ini diumumkan bertepatan dengan Kosasih Day–hari lahirnya komikus legendaris Indonesia, R. A. Kosasih. Almarhum adalah salah satu komikus yang memelopori genre komik wayang dan jagoan Indonesia lewat komik Sri Asih pada tahun 1954.

Seperti disebutkan sebelumnya, film “Gundala” diangkat dari komik “Gundala Putra Petir” karya maestro cerita gambar Harya Suraminata atau lebih dikenal dengan Hasmi. Dalam menciptakan tokoh Gundala, Hasmi terinspirasi oleh tokoh legenda Jawa, Ki Ageng Selo Sang Penangkap Petir.

Pertama kali terbit pada tahun 1969, Gundala langsung menjadi tokoh cerita gambar legendaris Indonesia sejak terbit hingga hari ini. Tercatat sudah 23 judul komik yang terbit hingga tahun 1982 dengan melibatkan karakter Gundala.

Versi filmnya kelak akan mengisahkan sejarah awal Sancaka sebelum akhirnya bertransformasi menjadi sang pahlawan super. Setting asli Yogjakarta seperti dalam komiknya pun dipindahkan ke Jakarta dengan isu dan cerita yang lebih kekinian.

Sebelum versi modern ini, Gundala juga sudah pernah diangkat ke layar lebar pada tahun 1981 garapan sutradara Lilik Sudijo dengan aktor Tedy Purba yang berperan sebagai Gundala.

Shooting film ini ditargetkan untuk rampung pada akhir tahun 2018 ini dan siap tayang pada tahun 2019, bertepatan dengan peringatan 50 tahun kelahiran Gundala Putra Petir.