Masalah mental bisa diakibatkan keseringan bermain games

Jurnal Teman

Suka main game di komputer, smartphone, atau konsol? Jangan berlebihan ya, karena itu bisa berdampak buruk pada kesehatan. Mau tahu apa efek main game terlalu lama? Yuk simak ulasan menarik berikut ini:

1. Playstation Thumb

Penyakit ini sering disebut Playstation Thumb kondisi. Ini dapat mempengaruhi siapa saja yang sering main game dengan controller d-pad. Gejala PlayStation Thumb termasuk mati rasa dan kesemutan di bagian jempol. Jempol juga tampak membesar dan melepuh.

2. Kecanduan

Video game bisa membuat Anda kecanduan. Kecanduan video game adalah gangguan kontrol impuls, mirip dengan judi. Gejala dari kondisi ini termasuk penurunan berat badan atau kenaikan berat badan, kurangnya kebersihan pribadi, dan penurunan interaksi sosial dan pola tidur yang terganggu.

3. Perilau Agresif dan Masalah Mental

Beberapa studi menunjukkan bahwa mereka yang suka bermain video game menjadi lebih tertekan dan cemas dari waktu ke waktu daripada non-gamer. Anak-anak yang suka bermain game bisa menjadi lebih impulsif, canggung secara sosial, dan rentan kecanduan video game dari waktu ke waktu. Beberapa gejala yang harus diwaspadai, termasuk kesulitan berkonsentrasi, pola tidur terganggu, peningkatan kecemasan, peningkatan kemarahan yang tidak rasional, dan fobia sosial.

4. Masalah Penglihatan

Terlalu lama bermain video game dapat menyebabkan masalah penglihatan, seperti glaukoma, terutama di kalangan pengguna yang rabun. Menatap layar yang terang sangat berbahaya bagi komponen fisik dari mata, terutama karena selama bermain, kita cenderung berhenti berkedip, yang dapat membuat mata jadi kering.

5. Carpal Tunnel Syndrome

Carpal Tunnel Syndrome disebabkan ketika saraf utama antara lengan bawah dan tangan berulang kali meremas atau menekan. Mereka yang menggunakan komputer terlalu lama juga rentan terkena Carpal Tunnel Syndrome. Terlalu sering menggunakan mouse komputer dan kontroler video game dapat meningkatkan risiko terkena sindrom ini.