Pecinta Kuliner Wajib Mampir ke 3 Tempat Makan di Lombok Ini

Pecinta Kuliner Wajib Mampir ke 3 Tempat Makan di Lombok Ini

neka kuliner khas Lombok (Shafa/detikTravel)

 

akarta

Lombok terkenal karena memiliki banyak destinasi wisata yang mengagumkan. Selain itu, Lombok juga juga dikenal karena wisata kulinernya yang menggugah selera.

Bagi kamu pecinta kuliner, saat berlibur di Lombok, jangan lupa untuk menikmati sajian masakan khas Lombok. Berikut ini daftarnya.

1. Ayam Taliwang Ala Santai

Ayam Taliwang yang diberi nama Ayam Taliwang Ala Santai ini merupakan menu favorit di salah satu restoran di kawasan Senggigi bernama Pearl’s. Dinamakan Ayam Taliwang Ala Santai karena restoran tersebut menghadap ke Pantai Mangsit. Jadi diharapkan ketika pembeli mencoba Ayam Taliwang bisa bersantai dengan menikmati deburan ombak dari Pantai Mangsit.

Ayam Taliwang khas Lombok (Yudhistira/detikTravel)Ayam Taliwang khas Lombok (Yudhistira/detikTravel)

 

Ayam Taliwang Ala Santai ini sangat cocok dinikmati ketika cuaca dingin, karena ayam yang panas dan nasi yang hangat membuat nikmatnya semakin berasa.

Ayam Taliwang ini diolah dengan baik sehingga dagingnya empuk dan harumnya menggugah selera. Cobalah untuk mencocol ayam dengan sambal yang tersedia dengan rasanya yang pedas bercampur asam. Sambal ini merupakan ciri khas dari Restoran Pearl’s.

2. Nasi Puyung

Selain terkenal dengan Ayam Taliwangnya, ternyata masih banyak makanan khas Kota Seribu Masjid ini yang enak namun belum terlalu dikenal publik secara luas. Salah satunya yang enak namun belum terlalu terkenal adalah Nasi Puyung. Nasi Puyung adalah makanan khas dari Lombok Tengah yang dibungkus daun pisang.

Nasi Puyung khas Lombok (Yudhistira/detikTravel)Nasi Puyung khas Lombok (Yudhistira/detikTravel)

 

Nasi Puyung dibungkus daun pisang yang di dalamnya ada ayam suwir, kacang kedelai, kriuk kentang, dan juga sambal puyung. Bau harum nasi bercampur daun pisang dapat menggugah selera makan bagi siapa saja yang menciumnya.

3. Sate Bulayak

Sate Bulayak (dok. detikFood)Sate Bulayak (dok. detikFood)

 

Di kawasan wisata Suranadi, Lombok Barat, ada sebuah rumah makan legendaris, yaitu RM Suranadi yang menyajikan hidangan khas Lombok selain Ayam Taliwang. Rumah makan ini menyajikan menu sate bulayak.

Seporsi sate bulayak berisi 12 tusuk sate sapi dengan bumbu kacang khas Sasak. Bumbunya berwarna cokelat kemerahan dengan jejak minyak di permukaannya. Bumbu kacangnya halus kental mirip bumbu sate dengan rasa ketumbar, jintan, dan cabai yang kuat.

Persiapkan Akomodasi Liburan di Lombok

Pecinta Kuliner Wajib Mampir ke 3 Tempat Makan di Lombok Ini Hotel Airy Rooms (dok. Airy Rooms)

Nah, setelah mengetahui 3 rekomendasi tempat wisata kuliner khas di Lombok ini, tentunya kamu pasti penasaran kan? Sambil berwisata dan mencicipi makanan khas Lombok, sayang jika hanya dihabiskan dalam satu hari. Oleh sebab itu sebaiknya kamu mulai mempersiapkan akomodasi liburan kamu ke pulau yang satu ini.

Untuk rekomendasinya, kamu bisa mulai dengan memesan promo tiket pesawat murah di website Airy Rooms. Kemudian untuk akomodasinya kamu juga tidak perlu takut karena selain tiket pesawat, Airy Rooms juga menyediakan berbagai hotel budget terbaik di seluruh Indonesia untuk kamu yang suka untuk berpergian.

Hotel Airy Rooms (dok. Airy Rooms)Hotel Airy Rooms (dok. Airy Rooms) Foto: adv airyrooms

Menariknya lagi, dalam setiap hotel Airy Rooms kamu akan menemukan fasilitas jaminan dari Airy Rooms yang meliputi AC, TV layar datar, WiFi, air minum gratis, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, dan shower. Jaringan hotel Airy Rooms di Indonesia juga sangat banyak sehingga kamu tidak perlu was-was tak mendapatkan hotel.

Airy Room juga memberikan kemudahan dalam pemesanan atau pembelian tiket pesawat melalui website, Android Apps, dan iOS Apps. Pembayaran pun sangat fleksibel, bisa bayar lewat bank transfer, kartu kredit, dan juga di gerai Indomaret. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, rencanakan liburan kamu dan keluarga bersama Airy Rooms sekarang juga.