Tarif Tol Bakal Turun, Pengusaha: Dampak ke Biaya Logistik Kecil

Berita Nasional

Jakarta,

Selasa , 22 Mei 2018,

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menurunkan tarif tol angkutan logistik. Jokowi meminta tarif tersebut bisa turun antara 20-30%.
Menurut Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), Gemilang Tarigan penurunan tarif tol hanya berdampak sedikit pada biaya logistik, bahkan penurunan hanya bisa berpengaruh sekitar 1%.

 

Foto: Tim Infografis, Mindra Purnomo

“Secara total logistik sedikit sekali dampaknya. Tidak signifikan, mungkin tidak sampai dengan 1%,” katanya saat berbincang dengan Detik Finance, Rabu (28/3/2018).

Gemilang menjelaskan, biaya logistik terdiri dari tiga komponen, yaitu biaya pergudangan, administrasi, dan transport.
“Kalau tol kan hanya menyangkut truk. Sedangkan truk itu kalau biaya tol di dalam biaya operasi cuma 10% Kalau begitu 10% mau diturunkan 20%-30% berarti kan sekitar 2,5% dari biaya transport yang akan diturunkan,” jelas Gemilang.

Dia menambahkan, pengusaha mendukung upaya pemerintah menurunkan tarif tol, sebab hal ini merupakan upaya nyata yang tepat sasaran.
“Upaya nyata dari pemerintah menurunkan biaya logistik ini nyata sekali ke sasaran kalau selama ini kan cuma jargon-jargon saja. Kita mendukung sekali,”

Foto: Rachman Haryanto

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menemui pihak Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pagi ini. Pertemuan membahas rencana pemberian diskon tarif tol saat Lebaran.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pihak BUJT telah sepakat untuk memberikan diskon tarif tol sebesar 10% selama mudik Lebaran nanti. Diskon tersebut berlaku di seluruh ruas jalan tol.
“Jadi berlakunya rata-rata diskonnya 10%. Di seluruh ruas tol. Termasuk Jabodetabek dan non Trans Jawa,” kata Basuki ditemui di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (18/5/2018).
Basuki mengatakan masalah penerapan waktu diskon akan ditentukan oleh pihak BUJT. Nantinya, BUJT harus bakal melaporkan kepada pemerintah.
“Kapannya kalau itu kita libur dari tanggal 11 (Juni) itu sampe selesai libur. Tapi ada yang H-2 sampe H+2 itu tergantung mereka (BUJT) sendiri,” kata dia…

Basuki mengatakan dirinya bakal mengeluarkan Surat Keputusan (SK) untuk pemberian diskon tarif tol tersebut pada pekan depan.
“Nanti tinggal saya buat SK, mungkin hari Senin atau Selasa (pekan depan),” katanya.
Sementara itu Dirjen Bina Marga Arie Setiyadi mengatakan pihak BUJT telah bersedia memberikan diskon sebesar 10% tersebut. Saat ini, BUJT hanya tinggal menentukan waktu dalam memberikan diskon saat mudik Lebaran.

“Hanya tinggal waktunya. Kan beda-beda ada yang preffer di peak days, ada yang mau berikan lebih panjang lagi. Seminggu sebelum dan sesudah,” katanya.

Baca juga Berita Olahraga nya :

 

 

Berita Nasional
Buaya Muncul di Tanjung Priok

Jakarta ,  Jum’at 15/06/2018 Buaya berukuran 2,5 meter sempat muncul di Dermaga Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno mengatakan sudah mendengar kabar soal upaya penangkapan reptil tersebut. Sandi berharap buaya tersebut tak sampai dibunuh. Sambil bercanda, Sandi meminta buaya tersebut tak disate   Buaya muncul …

Berita Nasional
Gunung Agung Kembali Erupsi

    Gunung Agung kembali erupsi dan mengeluarkan asap berwarna kelabu kehitaman dengan intensitas tebal bertekanan sedang pada Kamis sore, 11 Januari 2018 pukul 17.54 WITA. Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Devy Kamil Syahbana membenarkan hal tersebut. “Ketebalan kolam abu terpantau setinggi 2.500 …

Berita Nasional
Dua Bocah di Kalimantan meniru adegan yang tidak pantas

Dua Bocah di Kalimantan meniru adegan yang tidak pantas Dua Bocah di Kalimantan Tiru Adegan Mesum – Dampak dari menonton video porno sangat menyeramkan. Kasus terbaru kali ini terjadi di Nunukan Barat, Kalimantan Utara. Sejumlah warga kawasan jalan Makam Pahlawan telah dihebohkan dengan adegan sepasang anak lelaki di bawah umur …