Harga Daging Ayam dan Cabai Naik

Ekonomi

 Hari kelima bulan Ramadan, beberapa harga bahan pangan di pasar mengalami pergerakan yang cukup variatif. Ada komoditas yang mengalami kenaikan, ada yang stabil, tetapi ada juga yang mengalami penurunan…

Pedagang cabai melayani pembeli di pasar di Jakarta, Senin (21/5). Harga cabai dan bawang memasuki akhir pekan ini terpantau belum banyak berubah, cenderung mengalami penurunan Pasokan yang cukup mendorong harga masih stabil.

Dari hasil pantauan di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, bahan pokok yang naik adalah daging ayam dan cabai merah besar…

Harga Bawang dan Cabai Stabil Jelang Ramadan

“Sudah beberapa hari ini ini cabai merahnya harganya tinggi, mungkin karena pasokannya kurang, soalnya kita ambilnya juga sudah tinggi,” kata salah satu pedagang, Lastri (43) saat berbincang dengan, Senin (21/5/2018).

Daging ayam naik Rp 2.000 per ekornya menjadi Rp 40 ribu dari sebelumnya Rp 38 ribu per ekor. Adapun, cabai merah besar dibanderol di harga Rp 50 ribu per kg, atau naik Rp 1.000 /kg dari sebelumnya…Salah satu pedagang ayam, Rahmat mengatakan Harga daging ayam sejak sebulan terakhir mengalami kenaikan Rp 2.000 hingga Rp 6.000 per kg beberapa kali yang hingga kini sejak sebulan terakhir. Kenaikan ini terjadi secara bertahap hingga mencapai kenaikan Rp 12.000 per kg dari harga normal…

Inflasi

Rahmat menjelaskan naiknya harga jual daging ayam potong tersebut disebabkan pasokan dari pengusaha peternak ayam potong kurang lancar dan jumlahnya berkurang, sedangkan permintaan meningkat.

Selain itu, hal tersebut juga dipicu nilai tebus yang ditetapkan pihak pengusaha peternak ayam potong lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Sehingga pedagang menyesuaikan harga jual dengan kenaikan penebusan barang dagangan.

“Kenaikan harga daging ayam potong bisa jadi akan berlangsung lama, karena ada peningkatan permintaan masyarakat jelang puasa dan juga Lebaran,” jelasnya.

Dengan kondisi harga daging ayam yang tinggi, penjualan pedagang sedikit mengalami penurunan, sedangkan keuntungan penjualan tetap meskipun harga jualnya kepada masyarakat bergerak naik.

Rahmat berharap pihak pemerintah daerah dan instansi terkait dapat mengendalikan kenaikan harga daging ayam dan beberapa kebutuhan masyarakat lainnya sehingga aktivitas jual beli di pasar tradisional kembali normal.

Jakarta Harga daging ayam potong di sejumlah pasar tradisional di Palembang, Sumatera Selatan terus bergerak naik jelang puasa 2018. Harga daging ayam kini menyentuh angka Rp 42.000 per kg

Sementara untuk jenis cabai lainnya tak mengalami perubahan. Cabai merah keriting dijual dengan harga Rp 36 ribu per kg, cabai rawit merah Rp 35 ribu per kg. Sedangkan untuk harga cabai rawit hijau justru mengalami penurunan Rp 1.000 per kg menjadi Rp 35 ribu per kg.

Bawang Merah Turun

Untuk jenis Bawang merah, hingga hari kelima Ramadan ini menurun dibanderol Rp 40 ribu per kg dan Bawang Putih Rp 36 ribu per kg atau turun dari sebelumnya Rp 38 ribu per kg.

“Ya semoga sampai Lebaran nanti semua tidak naik tinggi banget. Kalau naik yang wajar-wajar saja tidak apa-apa,” kata salah satu pengunjung pasar, Untuk komoditas lain beras kualitas medium dijual Rp 11 ribu per kg dan kualitas premium Rp 13 ribu  per kg. Minyak goreng kini dijual Rp 13 ribu per kg, telur ayam Rp 27 ribu per kg dan gula pasir Rp 14 ribu per kg…

 

Baca Juga Berita Olahraga :

 

sbobetasia88