Cara sederhana mencegah penyakit Diabetes

Cara sederhana mencegah penyakit Diabetes

Apakah Anda tahu jika penyakit diabetes terdiri dari 2 tipe? Kenapa bisa terdiri dari 2 tipe? Perlu diketahui dengan adanya penurunan produksi insulin dalam tubuh sehingga fungsinya tidak maksimal.

Jika dulu diabetes tipe ini menyerang orang-orang di atas usia 40 tahun, kini justru usia penderitanya kian bertambah muda. Kabar buruknya, diabetes tipe 2 lebih sering dialami oleh masyarakat Asia. Salah satu penyebabnya adalah konsumsi gula yang besar melalui beragam sumber karbohidrat.

Nah berikut ini, terdapat beberapa cara bagaimana mengontrol dan mengurangi risiko terkena terkena diabetes tipe 2? Simak lima tips dibawah ini…..

01 Kurangi minuman manis

Minuman berpemanis, termasuk di dalamnya jus buah, merupakan salah satu penyebab utama diabetes tipe 2. Sebaiknya kurangi minum minuman berpemanis, dan lebih memilih minum air putih.

02 Makan sayuran

Masukkan unsur sayuran hijau ke dalam menu makanan sehari-hari. Bayam, kangkung, dan selada adalah beberapa contoh sayuran hijau bercita rasa lezat yang dapat Anda konumsi sehari-hari. Sayuran hijau memiliki kandungan vitamin dan serat yang tinggi, serta kalori yang kecil.

03 Makan buah

Agar terhindar jauh dari risiko diabetes tipe 2, sebaiknya ganti camilan Anda dengan buah-buahan kaya air.

04 Makan Gandum

Konsumsi roti dan nsi putih percepat pembentukan glukosa di dalam darah, dan hal tersebut sangat berisiko sebabkan diabetes tipe 2. Lebih baik menggantinya dengan nasi merah atau produk whole grain.

05 Kurangi minuman beralkohol

Kandungan kalori pada alkohol sangatlah tinggi, sehingga jika mengonsumsinya terlalu sering, maka akan berisiko sebabkan obesitas, di mana berkaitan langsung dengan ancaman diabetes tipe 2.