Jangan Minum Air Saat Duri Ikan Tersangkut di Tenggorokan, Sebaiknya Segera Lakukan Seperti Ini ! Banyak Kasus yang Fatal Karenanya

Jurnal Harian

Tahukah Anda cara mengatasi duri ikan yang tersangkut di tenggorokan? Apa yang sebaiknya dilakukan jika kebetulan duri ikan tersangkut di tenggorokan ?

Pertama, jangan lagi menelan apa pun, jangan minum air, tarik keluar jika memang masih bisa dikeluarkan, kalau tidak sebaiknya segera ke dokter!

Coba minta bantuan orang lain untuk melihat-lihat dengan menggunakan senter, jika durinya terlihat dan tidak terlalu dalam, Anda bisa mengeluarkannya dengan pinset.

Jika tidak bisa atau sakit yang tak tertahankan, sebaiknya segera ke dokter. Dan ingat, jangan menggunakan cuka, menelan roti tawar, kulit jeruk, ini adalah cara yang keliru ! Jika dipaksakan untuk menelan, akan menggores esofagus, dan menyebabkan infeksi.

Kasus pertama : Korban tewas !

Seorang wanita menelan nasi kepal saat duri tersangkut di tenggorokannya , sehingga menyebabkan infeksi, bernanah, dan tewas.

Saat sedang asyik menyantap ikan, tiba-tiba duri ikan tersangkut di tenggorokan seorang wanita asal Wuhan, Tiongkok, kemudian dia pun mengatasinya dengan menelan dua kepal nasi sekaligus.

Dua hari kemudian ia mulai merasakan nyeri di dada, demam, dan bahkan syok. Setelah pemeriksaan gastroskopi di rumah sakit, dokter menemukan suatu benda seperti duri ikan sekitar 2 cm di tenggorokannya. Karena pendarahan hebat, dokter gagal menyelamatkan nyawanya.

Kasus kedua : Penanganan darurat

Sebatang halus duri ikan sepanjang 2,2 cm hampir merenggut nyawa seorang nenek berusia 62 tahun.

Siang pada 12 Mei tahun lalu, duri ikan nyankut di tenggorokan nenek Zhang saat sedang menyantap ikan.

Awalnya dia ingin mengatasi ketidaknyamanannya itu dengan cara menelan paksa, tapi akibatnya duri ikan justru menembus kerongkongan dan hanya berjarak 3 mm dari lengkung aorta vaskular terbesar di tubuh manusia, sehingga menyebabkan bahaya yang mengancam jiwa.

Untungnya, dokter spesialis gastroenterologi di rumah sakit Xinqiao, Tiongkok, berhasil mengeluarkan duri ikan tersebut dengan teknik endoskopi yang terampil, sehingga menyingkirkan bahaya yang mengancam nyawa si nenek

 

Kasus ketiga : Duri ikan yang menembus dinding usus

Para dokter yang pernah menangani kasus tersebut mengatakan :

“Saya pernah melihat kasus yang sama 20 tahun yang lalu di rumah sakit. Seorang wanita tinggi besar datang ke rumah sakit karena duri ikan nyangkut di tenggorokannya.

Dokter menyarankannya mengatasinya dengan cara endoskopi untuk mengeluarkan duri ikan, tapi dia malas melakukan pemeriksaan seperti itu dan langsung pulang.

“Akibatnya seminggu kemudian menjadi borok, menembus aorta, mengalami pendarahan hebat dan tewas. Sayang sekali, kaya raya, tapi tidak berpengetahuan, atau punya duit segunung tapi tidak sempat dinikmati. ”

“Beberapa waktu lalu, seorang pasien duri ikan tersangkut di tenggorokannya pergi ke rumah sakit, namun, para dokter setempat merekomendasikannya ke rumah sakit lain, karena duri ikan telah menembus ke lengkung aorta, tapi pasien tidak percaya.

“Lalu ke rumah sakit tempat praktek saya, saat masuk ke ruangan dia mulai muntah darah, dan kemudian…tidak ada kemudian lagi…saat upaya penyelamatan semalaman…akhirnya usianya berhenti di angka 30-an.”

Dokter Xu Siwei yang telah berpengalaman selama lebih dari 30 tahun sebagai dokter bedah kardiotoraks di The Second Affiliated Hospital, Zhejiang University School of Medicine, Tiongkok, pernah menemui lima pasien yang menderita lesi esofagus dan aorta akibat duri ikan yang tersangkut, dan empat diantara kelima pasien itu telah pindah ke dunia lain

Jangan tidak percaya dengan akibat fatal di atas, tidak tertutup kemungkinan duri ikan bisa saja merenggut nyawa seseorang! Jadi, jangan sampai keliru menangani hal tersebut!

Jurnal Harian
Mantap Jiwa! 8 Tahun Lamanya, “Bule Perancis” Ini Mengabdikan Hidupnya Untuk Bantu Masyarakat Sumba: Saya Ingin Mati Di Sini!

Namanya Andre Graff, usianya kini 56 tahun. Delapan tahun lalu ia datang sebagai turis ke Sumba. Mata hatinya terbuka melihat tanah yang gersang dan kesederhanaan kehidupan masyarakat di Nusa Tenggara Timur. Ia mulai mencari cara untuk mencari sumber air dari tanah dan menggalinya. Perjuangannya pun cukup sulit. Ia datang pertama …

Berita Hiburan
Tempat-tempat Liburan Terbaik di Uluwatu, Bikin Jatuh Hati

Siapa sih yang nggak suka liburan ke Bali? Semua orang pasti bahagia kala menghabiskan waktu liburan di pulau yang dijuluki sebagai surga dunia ini. Apalagi kalau tujuan wisatanya di kawasan Uluwatu, hmm…dijamin langsung jatuh cinta pada pandangan pertama ke salah satu tempat wisata terbaik di Bali ini. Sudah dapat tempat …

Jurnal Harian
5 Tips agar Bentuk Kepala Bayi Jadi Indah

Ketika bayi hanya suka tidur pada satu sisi saja, ditambah dengan tidur yang berkepanjangan, hal ini dapat meningkatkan kemungkinan deformasi kepala. Banyak ibu khawatir dengan keindahan bentuk kepala bayi. Padahal di saat bayi mulai bisa membalikkan badan (berusia setelah 4 sampai 6 bulan), karena waktu tidur yang telentang rata atau …