Inspirasi

Dia Membuat Pipa Saluran Tak Kenal Lelah, Temannya Menertawainya Konyol! Dia Hanya Tersenyum dan Berkata, “Saya Tidak Mau Seumur Hidup Menimba Air!” Tak Disangka 10 Tahun Kemudian…

Ada dua pemuda miskin, sebut saja Jefry dan Surya. Mereka dipekerjakan oleh kepala desa untuk menimba air di sungai dan mengisinya ke bak besar di alun-alun desa.

Mereka dibayar 1.000 perak per drum! Satu hari setidaknya bisa menimba 100 drum air dan bisa mendapatkan 100 ribu rupiah. Itu adalah tingkat pendapatan orang kaya di desa!

Jefry pikir ini adalah pekerjaan terbaik di dunia. Pendapatan tinggi, bisa hidup lebih nyaman.

Jadi, dia pun bekerja keras dari Senin sampai Jumat. Sementara pada Sabtu dan Minggu, Jefry istirahat, santai di rumah.

Setelah dua tahun banting tulang, Jefry pun tinggal di rumah minimalis bergaya Barat, dan memelihara beberapa ekor sapi perah!

Sementara itu, Surya mulai khawatir bagaimana kalau nanti sudah tua. Setelah mendapat pekerjaan itu, dia sangat gembira sekaligus juga khawatir akan hal itu.

Melihat tangannya yang melepuh karena setiap hari menimba air, dia mulai khawatir dengan hari tuanya. Lalu, dia merenung dan terbersit sebuah ide.

ILUSTRASI. (Internet)

Lebih baik membuka sebuah jalur pipa sampai ke desa, dengan begitu tidak perlu lagi susah payah menimba air. Dan bisa dinikmati tanpa henti!

Surya kemudian memutuskan untuk menggali pipa saluran. Lalu, dia pun mulai bekerja keras. Siang hari menimba air, malamnya ia meluangkan waktu untuk menggali pipa saluran.

Sabtu dan Minggu juga tidak istirahat, ia terus menggali pipa salurannya.

Karena uang yang didapat dan waktu luangnya dikhususkan untuk menggali pipa saluran,
sehingga dia masih tetap miskin setelah lima tahun.

Jefry tertawa mencibir Surya dan berkata kepadanya, “Sudah punya pekerjaan bagus bukannya baik-baik bekerja, malah menyiksa diri sendiri menggali pipa saluran!”

Surya hanya tersenyum dan berkata, “Saya tidak mau menimba air seumur hidup.”

Namun, saat itu, karena beban menimba air dalam jangka waktu lama, sehingga fisik maupun stamina Jefry dan Surya tidak sekuat dulu lagi!

Tak terasa sepuluh tahun pun kemudian, pipa saluran air Surya berhasil digali! Air sungai mengalir deras ke dalam drainase di desa.

Kini segenap desa memiliki persediaan air yang tak ada habisnya. Penduduk desa bersorak ria dan penduduk dari desa lain di sekitarnya pun pindah ke desa ini. Desa itu pun tiba-tiba menjadi makmur.

ILUSTRASI. (Internet)

Kini Surya tidak perlu lagi menimba air, tidak peduli apakah dia bekerja atau tidak, airnya terus mengalir.

Saat dia sedang makan, tidur, jalan-jalan dan sebagainya, airnya terus mengalir tiada henti. Saat dia tidak bermain, airnya mengalir.

ILUSTRASI. (Internet)

Semakin banyak air yang mengalir ke desa, semakin banyak pula pundi-pundi uang mengalir ke saku Surya. Namun, pipa saluran itu membuat Jefry kehilangan pekerjaannya!

Nah, pernahkah terlintas dalam benak Anda untuk menggali sebuah pipa saluran untuk diri sendiri?

Inilah sebabnya mengapa Anda harus berinvestasi sebagai persiapan di hari tua.

Ayo, mari mulai menggali sebuah saluran untuk bekal di masa senja.

Inti dari cerita ini, jangan hanya mengandalkan satu sumber penghasilan. Semoga tercerahkan.