Unik

Anjing Cerdas yang Bisa Mengambil Uang di ATM, Hewan Super Setia Ini Telah Menemani Pemiliknya Selama Puluhan Tahun, dan Hal yang Dilakukannya Membuat Orang Tersentuh!

Allen Parton adalah warga Inggris yang pernah bertugas Angkatan Laut Britania Raya. Sayangnya, dia terluka parah dalam Perang Teluk tahun 1991 silam, anggota tubuh bagian bawahnya lumpuh dan beberapa ingatannya hilang.

Hubungannya dengan keluarga pun menjadi tidak hamonis setelah ia pulang ke rumah. Karena kehilangan ingatan setelah Perang Teluk, dia lupa dengan istri dan kedua anaknya, hingga akhirnya bercerai dengan istrinya.

Seja itu, Allen Parton menjadi pemarah, suasana hatinya tidak menentu, dan bahkan pernah mencoba dua kali bunuh diri, sampai dia bertemu dengan anjing Labrador bernama Endal.

Ketika Allen Parton dan Endal bertemu untuk pertama kalinya, Endal yang melihat Allen duduk di kursi roda langsung melompat ke dalam pelukan Allen dan menjilatinya, sepertinya ia suka melihat wujud Allen seperti itu, lalu Allen pun membawa Endal pulang ke rumah.

Sebenarnya Endal memiliki gejala penyakit tulang rawan sejak kecil, sedikit cacat pada kaki depannya. Namun, karena kecerdasannya, sehingga setelah operasi, Endal tetap menjalani beberapa latihan khusus untuk memberikan bantuan aktivitasnya sehari-hari.

Persahabatan mereka yang mendalam sepertinya telah ditakdirkan ketika mereka pertama kali bertemu.

Setelah itu, Endal melayani Allen selama lebih dari sepuluh tahun. Sungguh mengharukan, anjing Labrador ini dengan setia melayani kebutuhan sehari-hari pemiliknya selama lebih dari satu dekade.

Mereka meminjam buku di perpustakaan

Naik transportasi umum

Endal membeli kebutuhan sehari-hari di supermarket

Endal membayar barang belanjaan

▼ Endal mencuci pakaian

Bahkan menarik uang di mesin ATM (Endal adalah anjing pertama yang bisa menggunakan mesin ATM)

Endal mengambil nomor antrian di rumah sakit, apa pun yang terlintas dalam pikiran Anda dan bisa dilakukannya, Endal akan membantu Allen yang lumpuh mengatasinya

Kecerdasan dan kesetiaan Endal, membuat terharu mereka yang pernah melihatnya.

Pada tahun 2001, Allen dan Endal mengalami kecelakaan mobil, saat itu Allen terjatuh dari kursi rodanya dan tidak sadarkan diri.

Endal yang juga terluka ketika itu menarik Allen ke posisi yang lebih baik sambil menahan sakitnya, mengambilkan selimut, dan mencari pertolongan ke hotel terdekat, sehingga Allen terselamatkan.

Karena penyelamatan heroik ini, Endal dianugerahi Blue Peter Badge and the PDSA Gold Medal untuk keberanian dan dedikasinya dalam menjalankan tugas.

Setelah beberapa tahun hidup bersama dengan Endal, Allen mendapatkan kembali kepercayaan dirinya dalam hidup dan menikah lagi. Dan sudah pasti pengiring pengantin dalam pernikahan itu adalah Endal, anjing setianya.

Setelah lebih dari 10 tahun melayani Allen, Endal meninggal pada tahun 2009. Pada tahun-tahun terakhir, pasutri Allen merawat Endal dengan telaten.

“Suatu hari saat saya tiba di sana, saya tahu Endal akan menunggu saya, dan berlari menghampiri saya sambil mengibaskan ekornya dengan ceria.”kata Allen.