Tips

7 Latihan Mudah untuk Mengubah Tubuh Hanya dalam 4 Minggu

ahun baru akan menyongsong kita, yang berarti juga saatnya untuk menjalankan hidup baru yang bugar. Sayangnya, rutinitas baru ini biasanya tidak berlangsung lama bagi kebanyakan orang. Antara komitmen waktu dan usaha nyata untuk berolahraga, mudah sekali mematahkan semangat.

Perlu diingat, kami telah membuat daftar beberapa latihan sederhana yang dapat membantu Anda untuk mengubah bentuk tubuh hanya 4 menit setiap hari selama empat bulan.

Sekarang, yang harus Anda lakukan adalah melakukan dengan teratur.

1. Plank (Pleng)

Plank atau pleng adalah salah satu latihan yang paling dasar, yang dilakukan secara teratur karena membantu mengencangkan dan memperkuat bagian tengah tubuh Anda.

Latihan ini membantu meningkatkan kekuatan dan stabilitas tubuh secara keseluruhan.

Lakukan latihan seperti yang ditunjukkan gambar di atas, bertumpulah pada lengan atas dan kaki, dengan punggung yang lurus sempurna.

Jaga bagian tengah tubuh Anda agar tetap kencang dan menahannya dengan interval waktu antara 10 detik hingga 1 menit, tergantung pada kebugaran Anda.

2. Push-up

Inilah gerakan tertua dari latihan kekuatan tubuh bagian atas. Push-up telah dikenal cukup lama dan merupakan latihan terbaik untuk membangun dada, bahu dan otot trisep Anda (ditambah otot perut).

Mulailah dengan Plank, lalu dorong tubuh Anda untuk turun, sebelum kembali naik. Jaga tubuh Anda agar tetap lurus.

3. Bird dog

Latihan yang terinspirasi dari yoga ini sangat cocok untuk mengencangkan paha dan bokong Anda. Mulailah dengan merangkak seperti yang terlihat di foto, lalu lepaskan satu kaki dan lengan yang berlawanan lurus ke depan. Ulangi di sisi lain.

4. Squats 

Sama seperti push-up yang penting untuk latihan tubuh bagian atas, Squat atau berjongkok adalah gerakan untuk tubuh bagian paling bawah.

Letakkan kaki Anda selebar bahu dan kemudian mulai berjongkok lalu kembali seolah-olah Anda akan duduk di kursi tak terlihat. Jaga punggung tetap lurus dan angkat tangan ke arah luar agar seimbang jika diperlukan. Lalu, perlahan-lahan berdiri kembali.

5. Ab Crunches

Berbaring telentang, angkat satu kaki dan tekuk lutut, lalu sentuh tangan ke lutut. Ulangi di sisi lain.

6. Downward-Facing Dog Ab Crunch

Awali dengan masuk ke posisi segitiga pada tubuh Anda, jagalah punggung dan kaki Anda agar tetap lurus untuk menciptakan bentuk “V”. Kemudian, angkat satu kaki ke udara seperti yang terlihat di foto, lalu perlahan bawa ke arah dada Anda.

Cobalah menyentuh hidung Anda ke tempurung lutut Anda. Kembali ke posisi awal dan ulangi dengan kaki yang berlawanan.

7. Oblique Twist 

Mulailah dengan kedua kaki terbuka lebar, dan lutut sedikit tertekuk. Sandarkan punggung Anda di dinding.

Kemudian, pegang bola dengan kedua tangan (lihat di atas) dan putar tubuh Anda dari sisi ke sisi, mencoba menyentuh dinding dengan tangan/bola Anda.