Inspirasi

Perlukah Mencabut Steker Saat Keluar Rumah? Ternyata Banyak yang Salah Tentang Ini!

 Di rumah, perangkat elektronik atau ponsel dan peralatan elektronik lainnya perlu menggunakan listrik.

Entah apakah anda pernah memikirkan satu hal ini seusai menggunakan listrik: Perlukah mencabut steker/colokan listrik?

ILUSTRASI. (source: woo22)

Berikut mari kita telusuri beberapa masalah steker/colokan listrik dalam kehidupan sehari-hari.

(source: woo22)

1. Water heater/ Pemanas air

ILUSTRASI. (source: woo22)

Banyak orang berpikir steker pemanas air harus dicabut usai menggunakannya, bisa menghemat listrik, tapi benarkah demikian ?

Menurut pakar terkait, bahwa pemanas air hemat energi sebenarnya tidak perlu sering mencabut stekernya, karena fungsi insulasi termalnya berada dibawah arus listrik.

Pemadaman listrik yang sering terjadi dapat menyebabkan fungsi-fungsi itu tidak aktif.

Ditambah lagi dengan seringnya mencabut colokan listrik, yang dapat mengurangi usia steker atau bahkan berpotensi menyebabkan kecelakaan yang tak diinginkan.

Namun, jika lebih dari tiga hari tidak menggunakan pemanas air, maka Anda harus segera mencabut sumber listrik dan stekernya.

2. Charger ponsel

ILUSTRASI. (source: woo22)

Terkait charger ponsel, banyak orang yang menghubungkan ke stop kontak tanpa mencabutnya, bisa langsung mengecas ponselnya setiba di rumah, namun, amankah cara seperti ini?

Menurut pakarnya, jika tidak mencabut charger usai mengecas ponsel, charger itu akan tetap dalam “kondisi aktif”, sehingga tidak hanya boros, tapi juga riskan dari sisi keamanan.

Asal tahu saja, banyak kebakaran yang terjadi karena mengabaikan hal yang sekilas tampak sepele ini.

Catatan : Saat meninggalkan ruangan untuk waktu yang lama, dihimbau sebaiknya cabutlah steker pengisi daya, agar tidak menimbulkan kebakaran, selain itu pilihlah charger yang berkualitas.

3. Stop kontak AC

ILUSTRASI. (source: woo22)

Jangan mengira dengan mematikan arus listrik itu lantas bisa menghemat listrik, selama stekernya tidak dicabut, perangkat listriknya masiih dalam keadaan siaga, dan menghabiskan listrik.

Di antara kebakaran yang disebabkan peralatan listrik, kasus kebakaran akibat peralatan listrik dalam keadaan standby itu jauh lebih banyak, terutama AC.

Menurut pakar terkait, bahwa peralatan listrik yang dilengkapi dengan remote control itu yang paling boros menghabiskan listrik dan mengandung risiko risiko keamanan.

Jadi dihimbau sebaiknya cabut stekernya demi keselamatan bersama.