Penting! Biar Tubuh Sehat Konsumsi ini, Snack Sehat yang Kaya Serat!

Kesehatan

 Pernahkah Anda makan siang dengan jumlah yang Anda pikir cukup banyak, namun tak seberapa lama kemudian Anda merasa perlu untuk mengonsumsi camilan?

Snack ini akan terus bertambah dari waktu ke waktu, yang berkontribusi atas kenaikan beberapa kilo tubuh Anda.

Jika hal ini terdengar akrab, mungkin Anda kekurangan makanan kaya serat.

Pernyataan ini sudah sangat familiar, bahwa serat bagus untuk kesehatan. Dari tajuk utama majalah hingga dokter, menyarankan hal yang sama.

“Ingin menurunkan berat badan? Mulailah dengan konsumsi makanan berserat” dan “penuhi makanan dengan serat untuk menurunkan risiko penyakit jantung”.

Tapi bagaimana serat dapat membantu Anda menurunkan berat badan atau menjaga dari serangan jantung?

Dan bagaimana Anda bisa dengan mudah makan lebih banyak serat tanpa merombak diet Anda?

Menurunkan berat badan

ILUSTRASI. (greencoffee.co.id)

Makanan berserat terdiri dari bahan tanaman yang tidak dapat dicerna dan diserap oleh tubuh.

Ini berarti serat makanan hanya akan melewati saluran pencernaan Anda tanpa menyumbang kalori.

Makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayuran, membutuhkan lebih banyak ruang di dalam perut daripada makanan yang tidak mengandung serat, ini akan membantu Anda merasa kenyang dan puas.

ILUSTRASI. (.organicfacts.net)

Selain itu, makanan kaya serat ini bergerak perlahan dari perut ke usus kecil, yang juga akan membantu Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Merasa kenyang akan membuat Anda lebih mudah mengurangi asupan kalori dan menurunkan berat badan.

Jenis serat berbeda memiliki manfaat yang berbeda

Serat larut air, berarti serat yang larut dalam air. Serat larut air dapat menjadi substansi semacam gel di dalam perut.

Gel membantu mengikat lemak (dari bakso yang Anda makan, misalnya), menjaga sebagian dari lemak agar tidak diserap dan juga menjaga agar gula tidak diserap terlalu cepat, sehingga membantu mengurangi kolesterol dan menjaga kadar gula darah stabil.

Contoh makanan serat larut air adalah oatmeal, kacang-kacangan dan biji-bijian, buncis, apel, dan buah-buahan jenis berries.

Serat tidak larut air pasti tidak akan larut dalam air dan dia bertindak sebagai pelunak tinja.

Ditemukan dalam makanan seperti wortel, sayuran berdaun hijau, roti gandum, dan beras merah, menyerap air ketika bergerak melalui saluran pencernaan dan kemudian dikeluarkan, membantu mencegah sembelit.

Daripada bolak-balik menghitung berat serat sebelum makan, cari cara lain agar dapat menggabungkan serat dalam sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan.

Berikut adalah beberapa rekomendasi perubahan kecil dan pertukaran sederhana yang akan meningkatkan asupan serat Anda.

Makan buah-buahan segar dan sayuran memiliki manfaat mikronutrien dan serat, bertindak sebagai pembangkit tenaga bahan nutrisi.

ILUSTRASI. (theayurveda.org)

• Makan buah-buahan dan sayuran segar, daripada minum jus buah atau jus sayur.

• Makan kulit buah bila memungkinkan. Sebagai contoh, kulit apel mengandung serat tidak larut, sementara daging apel mengandung serat larut air.

• Pilih pasta gandum, roti, dan beras merah sebagai pengganti biji-bijian yang berwarna putih.

• Ganti camilan kurang bergizi seperti keripik dan permen dengan sayuran mentah, seperti wortel dan hummus atau seledri dengan selai kacang.

• Konsumsi makanan kaya serat setiap kali makan. Tambahkan kacang pada salad atau cabe, atau tambahkan menu salad saat makan siang.

Ketika Anda sedang bepergian atau sedang terburu-buru, pasti Anda tidak memiliki cukup waktu sehingga akan membutuhkan makanan ringan (snack).

Berikut beberapa tips untuk memilih snack sehat yang kaya serat.

• Granola atau sereal batangan. Pilih gandum, bubuk atau snack batangan berbahan dasar kacang dengan setidaknya mengandung lima gram serat.

• Campuran kacang-kacangan dan buah kering adalah snack yang kaya serat. Pastikan memeriksa label nutrisi untuk menentukan ukuran porsi yang tepat karena campuran tersebut cukup padat kalori.

• Keripik gandum utuh atau popcorn mengandung serat dan mudah dibawa dan disimpan.

• Gandum utuh atau sereal bekatul. Tambahkan sereal bekatul ke yogurt untuk meningkatkan serat.

Serat merupakan bagian penting dari diet yang sehat dengan banyak manfaat kesehatan.

Menambahkan lebih banyak serat makanan untuk diet Anda dapat membantu memperpanjang umur Anda.

Inspirasi
Hasil Operasi Hidung Murahan, Wanita Ini Mendapat Hasil yang Sangat Mengerikan Sehingga Banyak Orang Berhenti untuk Melakukan

Hasil yang didapat wanita itu setelah melakukan operasi hidung yang murahan membuat netizen sangat ketakutan. Berharap memiliki wajah yang lebih elegan, lebih cantik, banyak wanita memilih melakukan operasi plastik. Operasi hidung adalah salah satu prioritas utama yang banyak dipilih para wanita. Namun, untuk memiliki hidung yang indah tanpa risiko, biaya …

Kesehatan
Anda yang Perokok, Boleh Coba Minuman ini, Minuman Pembersih Paru-paru yang Mudah Dibikin Sendiri

Merokok adalah kebiasaan buruk yang sulit dihentikan, terutama bagi mereka yang telah merokok selama bertahun-tahun. Padahal, rokok lebih kecanduan heroin atau kokain. Sebagian besar pajak yang dikumpulkan di beberapa negara dikontribusikan oleh perokok. Meski kita sadar akan bahaya merokok terhadap kesehatan kita, banyak dari kita masih meneruskan kebiasaan buruk ini. …

Inspirasi
Bayi Usia 2 Bulan Ini Kehilangan Satu Jari Kakinya Setelah Sehelai Rambut Ibunya Melilit yang Menyebabkan Jaringan Jari Kakinya Mati dan Membusuk

Seorang bayi laki-laki yang baru berusia 2 bulan dari Tiongkok ini bisa kehilangan satu jari kaki setelah satu helai rambut ibunya melilit di jari kakinya. Jari kaki bayi dua bulan itu menjadi hitam, setelah suplai darah terputus karena terlilit oleh sehelai rambut, diduga itu adalah rambut ibunya. Ayah bayi tersebut, …