Everest bukan gunung tertinggi di dunia

Berita Hiburan

Fakta yang satu ini emang cukup mengangetkan, sih. Untuk semua orang yang dengan gagah berani mendaki Gunung Everest dengan tujuan mencapai puncak gunung tertinggi di dunia, tampaknya telah melakukan hal sia-sia. Sebenarnya mereka tidak mendaki gunung tertinggi di dunia.

Menurut informasi dari National Geographic Indonesia, yang melansir temuan para ilmuwan. Kata mereka, Everest itu sebenarnya dikalahkan oleh Chimborazo, gunung di Ekuador. Tetapi pada metrik tradisional, Everest tetap menang hampir 9.000 meter di atas permukaan laut, ribuan meter lebih tinggi dibanding saingannya.

Tetapi Everest bukan benar-benar gunung tertinggi, atau yang terdekat dengan ruang angkasa. Justru Chimborazo-lah yang menduduki dua posisi tersebut. Everest hanya menang bila diukur dari permukaan laut. Tetapi jika diukur dari pusat Bumi, Chimborazo menang dengan mudah, bahkan Everest nggak akan masuk dalam 20 gunung tertinggi.

Ternyata semua itu terjadi karena bentuk Bumi nggak bulat sempurna, tetapi pepat di bagian atas dan bawah, serta menonjol di bagian tengah.

Bentuk itu memberikan keuntungan bagi semua gunung yang berada di sepanjang garis khatulistiwa. Chimbarazo merupakan salah satu yang mendapatkan keuntungan itu karena terletak dekat sekali dengan bagian tengah Bumi yang menonjol. Sementara itu, Everest berada sekitar sepertiga bagian di atasnya.

Dilansir dari The New York Times, pendakian Eveerest baru-baru ini yang dilakukan oleh pendaki dari Institut de Recherche pour le Développement di Perancis menemukan bahwa Everest sebenarnya 15 kaki lebih pendek dari yang diketahui sebelumnya.

Everest juga bukan gunung tertinggi jika diukur menggunakan model pengukuran lain. Gunung Mauna Kea di Hawaii lebih besar dan tinggi daripada Everest jika diukur dari bawah ke atas. Tetapi karena bagian bawah dan hampir seluruh bagian gunung Mauna Kea berada di dalam laut, tentu gunung ini nggak bisa menandingi Everest dalam memecah rekor gunung tertinggi di dunia ketika pengukurannya berkaitan dengan permukaan laut.

Berita Hiburan
Pecinta Kuliner Wajib Mampir ke 3 Tempat Makan di Lombok Ini

neka kuliner khas Lombok (Shafa/detikTravel)   akarta – Lombok terkenal karena memiliki banyak destinasi wisata yang mengagumkan. Selain itu, Lombok juga juga dikenal karena wisata kulinernya yang menggugah selera. Bagi kamu pecinta kuliner, saat berlibur di Lombok, jangan lupa untuk menikmati sajian masakan khas Lombok. Berikut ini daftarnya. 1. Ayam …

Berita Hiburan
Kelima artis terkenal ini tidak memakai Bra di tempat umum

Apa jadinya jika wanita tak memakai bra saat sedang ada di depan umum? Hmm, mungkin seperti 5 selebritis seksi Hollywood ini yang beberapa kali kepergok tampil tanpa bra hingga payudara mereka terekspos didepan publik! Setiap selebriti mempunyai gayanya masing-masing. Ada yang menggunakan kostum unik dan nyeleneh sebagai ciri khas mereka. …

Berita Hiburan
Tidur tanpa bantal ternyata banyak manfaatnya

Tidur nggak pakai bantal memang nggak enak. Tapi jangan salah, justru itu punya banyak manfaat sehat. Kok bisa, ya? Pasti deh kita termasuk orang yang terbiasa pakai bantal pas lagi asyik-asyiknya tidur? Jika ya, ubah kebiasaan tersebut tanpa bantal eh, tidur tanpa bantal, itu sesuatu yang baik, loh! Karena nih …