Rossi Cedera, Dovizioso Rival Utama Marquez Juara MotoGP 2017

Pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez, menyebut Andrea Dovizioso menjadi kandidat kuat dalam perburuan gelar juara dunia MotoGP 2017, setelah Valentino Rossi mengalami cedera. Menurut Marquez, Dovizioso sangat kuat bersama Ducati sepanjang MotoGP musim ini.

Rossi mengalami cedera patah kaki saat latihan latihan di Italia, beberapa waktu lalu. Pembalap asal Italia itu sempat mendapat perawatan di sebuah rumah sakit di Rumini.

Cedera tersebut membuat Rossi absen balapan di MotoGP San Marino yang bakal berlangsung akhir pekan ini. Rossi juga kemungkinan melewatkan balapan di dua seri berikutnya, Aragon dan Motegi.

Dengan cederanya Rossi, Marquez menyebut Dovizioso sebagai rival utama. Terlebih lagi, Dovizioso berada di puncak klasemen dengan raihan 183 poin, unggul sembilan angka dari Marquez.

“Mungkin Dovizioso belum pernah bertarung untuk gelar MotoGP sampai tahun ini. Namun, dia melakukannya di kategori yang lebih kecil, dan harus melewati banyak situasi berbeda,” ucap Marquez, seperti dikutip dari Motor Sport.

“Dia mengelola situasi dengan baik. Saya memperhitungkannya sebagai salah satu rival utama sebelum Silverstone karena saya memperhatikan bagaimana dia membalap di Austria,” katanya.

Pembalap asal Spanyol itu melanjutkan, Dovizioso beradaptasi dengan baik bersama Ducati di setiap balapan. Bahkan, Dovizioso lebih terambil menjinakkan Ducati ketimbang rekan setimnya, Jorge Lorenzo, pembalap yang sudah tiga kali menjuarai MotoGP.

“Argumen yang menyatakan Ducati tidak mudah beradaptasi dengan beberapa trek tidak ada lagi. Dovizioso akan bertarung untuk posisi podium pada setiap balapan,” ucap juara MotoGP musim lalu.