Antisipasi Bencana, Warga Sekitar Gunung Agung Terus Mengungsi

Berita Nasional

Warga di sekitar Gunung Agung, Karangasem, Bali, perlahan-lahan mengisi kantong pengungsian di sejumlah titik. Salah satunya di GOR Swecapura, Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali.

Sejak kemarin, sebagian besar masyarakat di sekitar gunung telah mengungsi secara mandiri karena tanda-tanda yang dirasakan saat ini mirip dengan kejadian sebelum Gunung Agung meletus pada 1963 silam.

Hingga siang, terdapat 662 jiwa pengungsi yang ditampung di tempat ini. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat seiring pengungsi yang terus berdatangan.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Klungkung, Putu Widiada mengaku telah mengoperasikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan konsumsi pengungsi.

Sampai Senin siang, belum ada masalah berarti terkait konsumsi. Namun, di lokasi ini minim fasilitas toilet umum. Pengungsi harus berbagi toilet dengan siswa SMPN 3 Klungkung yang letaknya persis di depan GOR Swecapura. Di SMPN 3 hanya tersedia 10 buah toilet.

“Siapapun kalau ada mohon bantuan toilet portabel, peralatan provinsi saat ini semuanya difokuskan di Karangasem,” tutur Widiada.

Selain fasilitas toilet, salah satu kebutuhan paling mendesak adalah makanan bagi anak-anak dan balita. Untuk sementara, makanan balita dan anak-anak masih bisa disediakan Dinas Kesehatan Klungkung.

Seiring arus pengungsi yang terus berdatangan, kebutuhan diperkirakan akan terus meningkat. “Susu dan bubur bayi tadi sudah didrop dinas kesehatan, pasti akan dibutuhkan terus,”

Berita Nasional
Buaya Muncul di Tanjung Priok

Jakarta ,  Jum’at 15/06/2018 Buaya berukuran 2,5 meter sempat muncul di Dermaga Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno mengatakan sudah mendengar kabar soal upaya penangkapan reptil tersebut. Sandi berharap buaya tersebut tak sampai dibunuh. Sambil bercanda, Sandi meminta buaya tersebut tak disate   Buaya muncul …

Berita Nasional
Gunung Agung Kembali Erupsi

    Gunung Agung kembali erupsi dan mengeluarkan asap berwarna kelabu kehitaman dengan intensitas tebal bertekanan sedang pada Kamis sore, 11 Januari 2018 pukul 17.54 WITA. Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Devy Kamil Syahbana membenarkan hal tersebut. “Ketebalan kolam abu terpantau setinggi 2.500 …

Berita Nasional
Tarif Tol Bakal Turun, Pengusaha: Dampak ke Biaya Logistik Kecil

Jakarta, Selasa , 22 Mei 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menurunkan tarif tol angkutan logistik. Jokowi meminta tarif tersebut bisa turun antara 20-30%. Menurut Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), Gemilang Tarigan penurunan tarif tol hanya berdampak sedikit pada biaya logistik, bahkan penurunan hanya bisa berpengaruh sekitar 1%. …