Inilah video terbaik dari sang Diva Madonna

Meski album terakhirnya terkesan ‘maksa’ tetap menggeber nomor-nomor dance, hot mom ini beraksi dengan gaya dance yang hot.

Disebut ‘maksa’ karena memang kelar album Confession on a Dance Floor, hot mom bernama lengkap Madonna Louise Ciccone idealnya harus ganti haluan dalam konsep album-albumnya. Selain usia dan fisik, Madonna lebih baik mengeksplor suaranya.

Toh suaranya tak jelek-jelek amat. Hit-hit lawasnya seperti Take A Bow, This Used to be My Playground dan You’ll See menandakan kalau jangkauan suaranya tidaklah jelek.

Dalam hal ini, Lady Gaga lebih tahu akan keterbatasan dunia dancefloor dan langsung masuk ke area pop-swing bareng Tony Bennett (dalam album Cheek to Cheek) dan terbukti kualitas suara Gaga tak remeh setelah melihatnya membawakan lagu-lagu The Sound of Music di gelaran Oscar 2015.

Berikut sederet klip hit-hit Madonna yang menunjukkan betapa panas dirinya dulu.

01 Like A Virgin

Image nakal berantakan memang jadi tampilan Madonna di awal karier. Klip ini menyajikan itu tapi ditambah dengan gambar diri yang anggun. Madonna dengan gaun putih memang terlihat seperti perawan segar (di masanya).

02 Oh Father

Kerjasama kedua David Fincher dengan si blonde. Lagu ini diplot dengan kisah epik-otobiografi kehidupannya: kematian sang ibu, hubungan buruk dengan sang ayah dan pernikahan penuh gejolaknya bersama Sean Penn.

03 Cherish

Persahabatan Madonna dengan fotografer beken Herb Ritts di awal kariernya menghasilkan klip musik hit ini. Padahal sebelumnya Ritts buta sama sekali tentang penyutradaraan. Hanya karena Madonna kekeuh memintanya, Ritts pergi ke Hawaii dan berlatih mensyut video dengan kamera Super 8. Hasilnya? Keseksian yang dramatis. Tak vulgar.

04 Justify My Love

Jauh sebelum Rihanna dan Fifty Shades of Grey heboh dengan konsep S&M, Madonna sudah melucuti level erotisme tingkat tinggi via klip ini. MTV memboikotnya. Kontroversi meletup dan berlanjut dengan larisnya Justify sebagai video lagu paling laris sepanjang masa.

05 Vogue

Jauh sebelum David Fincher berjaya dengan film-film seperti Seven, Fight Club dan terakhir, Gone Girl, ia kerap menggarap klip musik si blonde. Konsep video ini terbilang apik: hitam-putih yang elegan, gestur tangan baroque dan pose-pose tajam. Seksi dan berkelas!

06 Rain

Era ’90-an jadi area basah bagi Mark Romanek sebagai sutradara. Jadi Romanek sempat tolak tawaran Madonna karena “… lagunya sangat romantis dan saya tak tahu apapun tentang romantisme,” ujarnya. Ini Madonna, apapun keinginannya harus terlaksana dan jadi unik. Alhasil Romanek membawa Madonna ke masa depan. Hasilnya? Gaya futuristik melankolis maksimal!

07 Take A Bow

Hit Madonna yang paling lama jadi nomor satu di tangga lagu Billboard ini punya konsep yang asyik: adu banteng, drama cinta matador-Madonna. Si blonde ini pun menunjukkan keseksian yang halus.

08 Secret

Jadi klip singel Madonna yang paling santai tanpa harus ada koreografi dan set khusus. Sang blonde pun hanya berperan jadi penyanyi di sebuah klab malam. Konsep hitam-putihnya membuat klip ini jadi terasa klasik.

09 Human Nature

“Masalah utamanya adalah saya tak suka dengan klip orang yang menari karena kamera pasti akan bergerak banyak,” ujar Jean-Baptiste Mondino, sang sutradara. Alhasil, klip hit Madonna yang satu ini hanya membutuhkan kamera steady, kotak dan kostum S&M. Brilyan!

10 Hung Up

Percaya atau tidak: meski patah tulang di delapan area, pemilik rambut pirang ini tetap melanjutkan syuting klip ini! Konsepnya terletak pada musik sebagai kekuatan yang menyatukan apapun.