Variety

Tiga hal kekinian yang bisa membuat Anda menjadi tua

Kalau mau dibandingkan dengan keadaan di masa lalu, rasanya ada perubahan drastis yang kini terjadi di masyarakat modern. Orang-orang dahulu banyak yang berumur panjang dan terlihat awet muda.

Sekarang, tanda penuaan dan kesehatan yang kurang terjaga bisa ditemui bahkan di anak-anak muda. Untuk menjaga kecantikan, banyak yang merawat kulit dengan rangkaian produk anti-aging. Kalau untuk menjaga kesehatan, banyak juga yang semakin rajin berolahraga.

Namun, tetap saja arus deras modernisasi cukup sulit dilawan. Ada banyak hal yang membuat kamu cepat tua dan berkeriput, salah satunya adalah gaya hidup kekinian. Coba simak 3 hal kekinian berikut yang tanpa disadari bikin kamu cepat tua!

01 Selfie

Kamu sering selfie? Berapa kali dalam sehari kamu mengambil potret diri sendiri dengan ponsel? Ssst, sering selfie ternyata bisa bikin kamu cepat tua lho! Hal ini karena adanya high-energy visible light (HEV) alias pancaran sinar biru yang dihasilkan layar ponsel. Ada medan magnet yang memengaruhi kadar mineral pada kulit wajah dan bisa menyebabkan kulit menjadi berkeriput serta kusam.

Bahkan, ada beberapa penelitian yang menyebutkan kalau sinar biru ini lebih berbahaya daripada sinar matahari, karena paparannya yang lebih dalam di kulit! Untuk mengatasinya, coba kurangi kegemaran kamu berselfie ria. Jangan lupa juga untuk menggunakan tabir surya sesering mungkin ya.

02 Stres Budaya

Jenis-jenis stres ada banyak. Ada yang karena pekerjaan, ada yang karena kondisi keuangan, ada juga yang karena lingkungan sosial. Stres budaya ini beda dengan stres karena tekanan dalam lingkungan kerja. Stres budaya ini biasanya dipicu oleh sesuatu yang ada kaitannya dengan gadget dan akun media sosial kamu. Menurut dr. Murad, stres budaya bisa membuat kamu merasa terisolasi secara sosial, merasa tak semangat ketika bekerja, kepercayaan diri menurun, hingga kulit yang berkerut.

Efek stres ini adalah karena faktor FOMO (fear of missing out) ketika kamu melihat teman-teman kamu post foto-foto berlibur yang seru atau ketika kamu melihat teman yang tampak bahagia bersama pasangannya di foto Instagram. Hindari stres budaya ini dengan mengurangi periode mengecek akun media sosial dan lebih sering beraktivitas di dunia nyata. Tentu saja, kamu juga harus mengurangi efek stres ini dengan menggunakan produk skin care untuk anti-aging.

03 Watching

Saat ada hari libur, enaknya diisi dengan maraton nonton film serial televisi yang sedang populer atau film streaming film bioskop yang kamu tak sempat menontonnya. Kegiatan ini sering disebut dengan istilah binge-watching. Siapa sangka hal ini juga akan bikin kamu cepat tua? Mirip dengan kebiasaan sering selfie, kegiatan menonton ini bisa menyebabkan beberapa hal buruk. Kulit menjadi cepat kusam karena adanya pancaran sinar biru dari ponsel atau layar komputer, otot punggung yang menjadi kaku karena posisi duduk yang sama selama berjam-jam, hingga kulit leher yang menjadi berlipat jika kamu menonton sambil tiduran.

Bersenang-senang tak harus membuat kulit kamu tersiksa kan? Untuk menghindarinya, coba tonton film streaming dari televisi. Sambungkan komputer atau ponsel kamu agar bisa menonton dengan layar lebih besar dan jauh dari pancaran sinar biru. Pastikan juga posisi nonton kamu cukup tegak namun tetap nyaman. Kalau mau nih, kamu bisa nonton sambil menggunakan masker, lho. Hari libur kamu terpakai dengan efektif!