Jersey Olahraga ternyata bisa dibuat dari daur ulang botol plastik

The Story

Inovasi daur ulang selalu berkembang. Kali ini kabar datang dari dunia fashion. Ternyata, plastik dari botol minum air mineral tuh bisa loh di daur ulang menjadi produk fashion.

Bahan baku plastik, yaitu polyester, bisa dipakaii untuk bahan fashion pengganti katun dan kapas. Hal ini dikatakan oleh Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo saat menghadiri acara Alliance for Marine Plastic Solutions Forum (AMPS) di Bali.

"Jumlah penduduk semakin besar, produksi kapas terbatas, katun juga tergantung dengan cuaca, sementara konsumsi semakin meningkat," kata Karyanto kepada Kompas Lifestyle di Bali, Selasa (5/9/2017).

Karena itu, untuk mengampanyekannya, proyek Bottle2Fashion dibuat. Upaya ini juga bisa mendukung program pemerintah dalam mengurangi sampah plastik di laut, bro.

Kerennya, dari botol plastik itu, sampe bisa dibikin jadi jersey, lho. Karyanto bilang bahwa teknologi memungkinkan membuat bahan polyester nyaman dipake. Dalam waktu dekat, pun, produk jersey bakal dikenakan para atlet yang ikut Danone Asian Cup di New York.

"Masalah nyaman atau enggak, seiring dengan kemajuan teknologi kenyamanan itu bisa didapatkan. Kita di event Danone Asian Cup rencananya akan memakai jersey yang 100 persen bahannya plastik, itu di New York September ini," ujarnya.

Uji coba yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa dari 8 botol plastik bekas bisa dijadikan satu polo shirt, loh.

Sebelumnya juga pernah dicoba untuk dibuat sarung tangan dan kaos kaki.

The Story
Ini dia 5 boneka dari Indonesia

Jurnalteman | Ini dia 5 boneka dari Indonesia Film Annabelle: Creation lagi “meneror” bioskop Indonesia nih. Film kedua dari Annabelle ini bercerita lebih jauh tentang asal muasal boneka terkutuk tersebut. Mengisahkan si pembuat boneka Annabelle (Anthony LaPaglia) dan istrinya (Miranda Otto) yang kehilangan anak mereka 20 tahun sebelumnya. Pasangan suami …

The Story
Here’s one of the smallest shops in London 1900

Jurnalteman | Here’s one of the smallest shops in London 1900 London’s best known shops are often the giant department stores which draw in the tourist crowds, but this photo from the early 1900s shows one of the smallest shops in London – a shoe salesman with a 1.2 square …

The Story
Kisah nyata The Creepy Doll (Part 2)

Jurnalteman | Kisah nyata The Creepy Doll (Part 2) Boneka dalam bahasa Portugis boneca adalah sejenis mainan yang dapat berbentuk macam-macam, terutamanya manusia atau hewan, serta tokoh-tokoh fiksi. Boneka bisa dikatakan salah satu mainan yang paling tua, karena pada zaman Yunani, Romawi ataupun Mesir kuno saja boneka sudah ada. Namun …