Variety

Mengapa orang yang sama bisa muncul berulang kali di dalam mimpi

Jurnalteman | Mengapa orang yang sama bisa muncul berulang kali di dalam mimpi

Mimpi adalah bunga tidur. Kalau mimpi indah, biasanya mood atau suasana hati akan ikut berbunga-bunga. Tapi kalau mimpi buruk, biasanya kita akan merasakan sesuatu yang tidak nyaman di dalam hati kita.

Ada banyak jenis mimpi yang hadir dan kita rasakan saat tidur. Salah satunya adalah memimpikan orang yang sama berulang kali. Atau orang yang sama berkali-kali hadir dalam mimpimu. Awalnya mungkin tak merasakan ada yang salah, tapi lama-lama ya mengganggu juga. Kira-kira kenapa ya kita bisa mendapat mimpi yang sama berulang kali?

Secara psikologi, ada penjelasan yang menarik terkait hal tersebut. Seperti yang dilansir oleh elitedaily.com, Dr. John Mayer psikolog klinis di Doctor on Demand menjelaskan bahwa cara kerja pikiran kita seperti komputer. Saat kita tidur, “komputer” tersebut akan terus bekerja. Dengan kata lain, otak akan tetap bekerja sekalipun kita sudah tidur.

Mayer menambahkan bahwa 2/3 manusia mengalami mimpi yang sama berulang kali. Hal ini bisa disebabkan karena orang-orang yang muncul atau cerita yang digambarkan dalam mimpi yang sama berulang kali itu menyimbolkan sesuatu yang membuat kita stres atau cemas. Bisa juga karena kita memiliki ikatan emosi tertentu dengan orang yang berulang kali muncul dalam mimpi kita.

“Mimpinya mungkin tak persis sama setiap waktu, tapi tema yang berulang biasanya karena ada sesuatu di dalam pikiran kita yang belum terpecahkan. Hal tersebut terus diulang lagi dan lagi dalam ‘komputer’ itu. Jadi kalau datanya sama dengan yang ada di dalam mesin, kita harus menggantinya dengan data lain, atau meluruskan konflik, atau menyelesaikan masalahnya,” papar Mayer.

Laurel Clark, seorang konselor mimpi dan creative coach menekankan pentingnya memerhatikan mimpi yang kita dapat. Kenapa? Karena mimpi merupakan pesan dari pikiran bawah sadar. Mimpi bisa membawa pesan atau masukan soal sesuatu yang sedang kita pikirkan atau kerjakan. Kalau kamu mendapat mimpi yang sama berulang kali tapi tidak mencoba untuk menafsirkannya, mimpi tersebut akan kembali berulang. Bila kita memimpikan orang yang dekat dengan kita berulang kali dan tak mencoba untuk mencari maksud atau permasalahannya, sikap dan perilaku kita terhadap orang tersebut bisa ikut berubah.

Cobalah untuk menelusuri masalah yang belum terpecahkan berkenaan dengan orang yang terus hadir di dalam mimpimu tersebut. Redakan stres dan rasa tertekan yang kamu rasakan. Dengan begitu, biasanya tidurmu bisa lebih nyenyak.