Beberapa cara meningkatkan karir ke level tinggi

Jika Anda mulai merasa tak tertantang pada jabatan kerja sekarang, tandanya Anda siap untuk promosi ke tingkat selanjutnya. Ini berarti saatnya Anda untuk mengembangkan diri agar memiliki karier yang lebih gemilang. Langkah berikut akan membantu Anda ‘upgrade’ tingkatan karier Anda.

01 Target Mapping

Buat dan petakan daftar target yang ingin Anda capai secara profesional. Renungkan kembali, kemana Anda sudah melangkah? Pikirkan dan tentukan kemana langkah Anda ke depan. Buatlah rencana serinci mungkin dan sertakan usaha apa yang harus dilakukan. Cara ini akan membantu memfokuskan usaha Anda untuk mencapai target.

02 Update CV

Mungkin Anda sudah cukup puas dengan pekerjaan saat ini. Tetapi, bukan berarti Anda rela melewatkan peluang yang lebih baik. Untuk itu, memperbarui CV Anda secara teratur adalah langkah yang sangat dianjurkan. Beri penekanan yang spesifik dan detil tentang apa saja yang telah Anda capai dan bagaimana hal itu berpengaruh terhadap perusahaan di mana Anda kerja sekarang.

03 Networking

Dunia kerja sangat anti pada kata egosentris. Apalagi era digital seperti sekarang ini, jaringan sosial dan koneksi sangat dibutuhkan. Bertemu orang baru di departemen lain dan membangun hubungan profesional sangat baik dilakukan untuk mengembangkan karier Anda ke depannya.

04 Self Investment

Untuk meningkatkan level karier, hal yang tak boleh dilewatkan adalah ‘upgrade’ kapasitas diri Anda sendiri. Jangan pernah berhenti belajar. Aset dalam bekerja adalah ketrampilan yang Anda jual. Semakin tinggi kualitas Anda, semakin mahal harga Anda. Kecerdasan yang ditunjang dengan ketrampilan jelas akan membuka peluang yang besar untuk memajukan karier Anda.

05 Image Building

Bangunlah reputasi Anda. Dalam dunia kerja, reputasi adalah hal lain yang juga punya nilai tersendiri. Sikap dan penampilan termasuk dalam poin yang perlu diperhatikan. Anda juga bisa mencobanya dengan menghadiri berbagai konferensi, menjadi pembicara dalam berbagai forum diskusi atau menulis artikel untuk media massa.