Health

Apa sih manfaat dari sunat?

Jurnalteman | Apa sih manfaat dari sunat?

Sebuah analisis terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di Fred Hutchinson Cancer Research Center berhasil menemukan fakta baru. Sunat atau sirkumsisi ternyata berperan besar untuk mengurangi resiko kanker prostat bagi para pria.

Bahkan sebaiknya Anda disunat dulu sebelum berhubungan seks untuk pertama kalinya, guna mencegah hal yang tidak diinginkan. Karena sunat juga bisa menghambat infeksi dan peradangan pada penis.

Tak hanya mengurangi kanker prostat saja, sunat juga mencegah infeksi menular seksual tertentu. Untuk membuktikan hal tersebut Jonathan L. Wright MD, peneliti dari afiliasi Kesehatan

Masyarakat Divisi Pusat Hutchinson Sciences, beserta rekan-rekannya menganalisis 3.399 pria, 1.754 orang diantaranya mengidap kanker prostat.

Intinya, pria yang telah disunat sebelum hubungan seksual pertama punya risiko terserang kanker prostat 15 persen lebih rendah dibandingkan yang belum disunat. Sunat mengurangi risiko terkena kanker agresif dan sangat agresif.

Secara khusus, pria yang disunat sebelum hubungan seksual pertama mengalami penurunan risiko berkembangnya kanker prostat bersifat agresif 12 persen dan penurunan risiko 18 persen untuk kanker prostat yang sangat agresif. Bagi yang belum disunat, sebaiknya sunatlah secepatnya demi kesehatan alat vital Anda.