Ini dia 5 boneka dari Indonesia

Jurnalteman | Ini dia 5 boneka dari Indonesia

Film Annabelle: Creation lagi "meneror" bioskop Indonesia nih. Film kedua dari Annabelle ini bercerita lebih jauh tentang asal muasal boneka terkutuk tersebut.

Mengisahkan si pembuat boneka Annabelle (Anthony LaPaglia) dan istrinya (Miranda Otto) yang kehilangan anak mereka 20 tahun sebelumnya.

Pasangan suami istri ini akhirnya memutuskan untuk mengubah rumah mereka menjadi tempat tinggal bagi biarawati dan beberapa gadis dari panti asuhan yang baru saja ditutup.

Annabelle, boneka buatan mereka dirasuki setan dan mulai mengancam keberadaan penghuni baru rumah mereka. Dan berikut ini kita mengulas soal boneka yang berasal dari Indonesia lho. Cekidot Guys...

01 Jelangkung

Jelangkung-jelangkung di sini ada pesta... Pestanya kecil-kecilan... Datang tak diundang... Pulang tak diantar...

Sepenggal kalimat tersebut mungkin nggak asing didengar. Ini semacam 'mantra' untuk memanggil arwah dalam permainan Jelangkung.

Jelangkung adalah sebuah permainan tradisional Nusantara yang bersifat ritual supernatural.

Permainan ini umumnya dilakukan sebagai ritual untuk memanggil makhluk dari dunia lain.

Media yang digunakan untuk menampung makhluk halus atau entitas supernatural yang dipanggil dalam permainan Jelangkung adalah sebuah boneka, biasanya dibuat dari tempurung kelapa yang didandani pakaian dan bergagang batang kayu.

02 Sigale gale

Desa Tomok merupakan kawasan dengan adat budaya yang khas, plus cerita budaya yang melegenda: Boneka Sigale-gale.

Rasa penasaran itu menjadi daya tarik, sehingga Desa Tomok menjadi destinasi wisata budaya wisatawan yang tertarik terhadap budaya Batak khususnya melihat boneka Sigale-gale.

Di sana, jika beruntung wisatawan disambut oleh tarian tor-tor dari penduduk setempat dan tarian sigale-gale, khususnya di hari Sabtu dan Minggu.

Menurut cerita, sigale-gale adalah anak seorang raja. Putra tunggal dari raja Rahat yang memiliki wajah tampan dan satu satunya penerus keturunan.

Anak raja tersebut meninggal di medan perang. Kematian sigale-gale menyebabkan raja Rahat mengalami kerinduan yang mendalam hingga sakit parah. Penasihat kerajaan lalu mencari tabib di seluruh negeri.

Ada tabib mengusulkan kepada penasehat kerajaan untuk membuat suatu upacara di kerajaan itu, dan memahat sebuah kayu menyerupai wajah anaknya.

Kemudian, dalam upacara itu sang tabib memanggil roh anak raja tersebut, dan rohnya dimasukkan ke dalam kayu yang dipahat menyerupai wajah anak raja tersebut. Keajaiban pula, saat itu boneka tersebut bergerak sendiri.

03 Wayang Golek

Wayang Golek adalah seni tradisional sunda pertunjukan wayang yang terbuat dari boneka kayu, yang terutama sangat populer di wilayah Tanah Pasundan.

Salah satu fungsi wayang golek dalam masyarakat adalah ngaruat (ruwat), yaitu membersihkan dari kecelakaan (marabahaya).

04 Barong Landung

Barong Landung adalah salah satu boneka yang jadi kesenian di Bali. Pementasan seni sakral ini sangat disucikan dan dikeramatkan oleh masyarakat Bali, dengan tujuan terciptanya dan tetap terjaganya keharmonisan alam semesta ini.

Barong Landung sampai sekarang adalah upacara penolak bala. Biasanya apabila di masyarakat terjadi suatu serangan wabah penyakit, maka dengan didahului proses permohonan spiritual oleh masyarakat kepada Ida Bhatara Dalem Sakti (Jero Gede) dan Jero Luh supaya berkenan turun ke dalam lambang berbentuk Barong Landung untuk mengusir para roh jahat yang mengganggu masyarakat desa.

05 Ondel Ondel

Ondel-ondel adalah pertunjukan rakyat Betawi yang sering ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat.

Ondel-ondel memerankan leluhur atau nenek moyang yang senantiasa menjaga anak cucunya atau penduduk suatu desa.

Zaman dulu tuh ondel-ondel berfungsi sebagai penolak bala atau gangguan roh halus yang gentayangan.