Jurnalteman | Inilah beberapa film yang berbau psikologis

Film-film bertemakan gangguan psikologis memang selalu menarik. Hal ini karena ketika kita tengah menyaksikan film bertemakan gangguan psikologis, kita bisa melihat sisi lain kepribadian seseorang yang tergambarkan melalui karakternya di film tersebut.

Ada pula yang menikmatinya untuk menganalisis tingkah laku manusia dan penyebab perilaku tersebut muncul. Memang biasanya film-film bertemakan gangguan psikologis bergenre thriller atau bahkan horror. Tapi, ada juga yang menguliknya dengan sisi manis drama.

Berikut ini ada beberapa film yang pantas Anda lihat..

01 Split

Film ini mengisahkan tentang seorang pasien yang mengalami gangguan kepribadian ganda bernama Kevin. Diperankan oleh James McAvoy, Kevin diceritakan memiliki 23 kepribadian yang memiliki karakter khas masing-masing. Ada satu karakter kepribadian yang belum muncul, yaitu The Beast dan untuk memunculkan itu, Kevin menculik tiga orang gadis di sebuah bangunan tua bawah tanah.

02 A Beautiful Minds

Di balik kecerdasan seseorang, mungkin ada sesuatu yang tersembunyi. Film ini bercerita tentang kisah nyata seorang ahli matematika, John Nash, yang sangat cerdas. Menjadi mahasiswa pintar membuatnya lebih senang belajar otodidak dibandingkan dengan harus mengikuti kuliah. Ternyata, Nash menderita skizofrenia yang membuatnya sering berhalusinasi. Terlebih ketika ia bekerja sebagai mata-mata, ia bagaikan lupa dengan dunia nyata karena hidup dalam halusinasinya.

03 He Loves Me, He Loves Me Not

Pernah mendengar gangguan erotomania? Nah, film ini berkisah tentang seorang wanita bernama Angelique yang memiliki khayalan bahwa seseorang yang dia cinta memiliki perasaan yang sama dengannya, padahal kenyataanya bertolak belakang. Gangguan ini membuatnya jatuh cinta pada Loic dan melakukan apa pun demi lelaki tersebut dan bahkan hingga membunuh orang lain. Kenyataanya, Loic sama sekali tak mengenal Angelique.

04 Maniac

Sebenarnya, mania merupakan salah satu kelompok gangguan psikologis. Di film ini, diceritakan seorang pria bernama Frank yang memiliki kisah masa kecil yang suram sebagai anak seorang pekerja seks komersial. Hal ini membuatnya sulit menjalin hubungan dengan orang lain. Frank yang bekerja sebagai pembuat manekin kerap membunuh wanita yang ditemuinya. Kemudian ia akan menguliti kepala wanita tersebut untuk diambil rambutnya dan dipajang pada sebuah manekin.

05 50 First Dates

Film bergenre komedi romantis ini cukup populer sebagai film yang menceritakan kondisi amnesia. Henry Roth, seorang dokter hewan laut yang dikenal playboy jatuh cinta dengan seorang gadis bernama Lucy yang ternyata mengidap anterograde amnesia. Gangguan ini membuat Lucy nggak bisa menyimpan memori lebih dari satu hari. Setiap bangun tidur, Lucy akan lupa dengan memori di hari kemarin.

06 Shutter Island

Kalau kamu berencana menonton ini, sebaiknya harus dalam keadaan fokus, ya. Meski alur ceritanya rumit, namun film ini bisa menampilkan sisi lain dari seorang pasien gangguan jiwa yang dirawat di penjara khusus yang ada di sebuah pulau. Bercerita tentang sebuah kasus penyidikan pasien yang hilang, film ini akan membuatmu terkejut pada bagian akhirnya ketika semua hal terungkap, termasuk pasien yang hilang tersebut.

07 Donnie Darko

Gangguan psikologis yang diceritakan pada film ini adalah gangguan tidur sambil berjalan (sleepwalking) yang kemudian berkembang menjadi halusinasi. Darko memiliki teman bayangan berupa kelinci putih seukuran manusia bernama Frank yang mengendalikan perilakunya menjadi buruk dan nakal. Banyak orang yang mengira Darko mengalami gangguan jiwa berat yang membuatnya sulit pulih, bahkan setelah diterapi. Ada apa, ya, dengan Darko?