Health

Beberapa gangguan psikologi yang dialami manusia

Jurnalteman | Beberapa gangguan psikologi yang dialami manusia

Penelitian menunjukkan kombinasi beberapa faktor dapat menyebabkan gangguan kemampuan psikologis, masalah keluarga, genetika, lingkungan, pengalaman, gaya hidup. Tidak seperti penyakit fisik, gangguan psikologis sering disalahpahami dan dalam beberapa kasus sulit didiagnosis.

Gangguan mental tidak hanya mengganggu kehidupan sehari-hari penderita tapi juga sangat mempengaruhi orang-orang di sekitarnya. Stigma sosial yang terkait dengan kondisi mentalyang terganggu membuat pemulihan semakin sulit.

Berikut ini ada beberapa gangguan yang sering dialami oleh orang.

1. Phobia

Phobia adalah rasa takut pada suatu hal atau fenomena berlebihan. Hal ini akan berdampak pada emosi seseorang. Phobia biasanya disebabkan karena seseorang mengalami trauma masa lalu dan biasanya trauma itu membekas didalam kesadarannya.

2. Depresi

Kelainan mood yang menyebabkan perasaan sedih dan hilang minat yang terus menerus. Depresi mempengaruhi perasaan Anda, cara berpikir dan berperilaku, serta dapat membuat Anda memiliki berbagai masalah emosi dan fisik. Jika rasa sedih berlangsung dalam beberapa hari atau minggu, mengganggu pekerjaan atau kegiatan lain dengan keluarga atau teman, atau berpikir untuk bunuh diri, kemungkinan ini adalah depresi.

3. PTSD

Post-traumatic stress disorder (PTSD) adalah suatu kondisi kesehatan mental yang dipicu oleh peristiwa mengerikan. Gejala yang mungkin muncul termasuk kilas balik, mimpi buruk dan kecemasan yang parah, serta pikiran tak terkendali tentang kejadian tersebut.

4. OCD

Obessive Compulsive Disorder (OCD) adalah gangguan kecemasan yang menyebabkan seseorang memiliki pikiran tidak masuk akal dan tidak disengaja (obsesi) sehingga mendorong orang untuk berperilaku repetitif (kompulsif). Para penderita OCD akan merasa gelisah jika menghiraukan pikirannya.

5. BiPolar

Gangguan bipolar adalah kondisi yang juga dikenal dengan nama gangguan manik-depresif ini ditandai dengan perubahan suasana hati yang sama sekali tidak dapat diperkirakan. Gejalanya meliputi periode mania, atau perubahan suasana hati, yang diselingi dengan periode depresi. Diantara masing-masing periode, pasien berperilaku normal.

6. Insomnia

Gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis.

7. Eating Disorder

Jenis penyakit yang menyebabkan gangguan serius untuk program diet ekstrim Anda, seperti makan dalam jumlah sangat kecil dari normal atau dibawah kebutuhan tubuh atau makan secara berlebihan. Seseorang dengan gangguan makan ini mungkin sudah mulai hanya makan dalam jumlah sangat kecil atau sangat besar dari biasanya, tetapi pada beberapa titik, dorongan untuk makan lebih sedikit atau lebih terjadi di luar kendali. Distress berat atau kekhawatiran tentang berat badan atau bentuk juga mungkin menandakan gangguan makan. Gangguan makan umumnya termasuk Anorexia nervosa, Bulimia nervosa, dan Binge Eating Disorder.

8. Schizophrenia

Gangguan jiwa dengan gejala utama berupa waham (keyakinan akan suatu hal yang sebenarnya tidak pernah terjadi atau tidak nyata) dan halusinasi (keyakinan bahwa penderita melihat atau mendengar sesuatau yang sebenarnya tidak ada atau tidak nyata)

9. Paranoid

Suatu hal dapat menyakitinya. Paranoid disebut sebagai gangguan apabila kemunculannya bersifat menetap, irasional, mengganggu, dan membuat stress.

Namun demikian, kondisi-kondisi yang memiliki gejala mirip seperti paranoid tetapi kemunculannya disebabkan oleh skizofrenia, bipolar syndrome, akibat kondisi medis, atau gangguan neurotic dan psikotik lainnya tidak dapat disebut sebagai paranoid.

10. Panic Disorder

Gangguan panik mencangkup munculnya serangan panik yang berulang dan tidak terduga. Serangan-serangan panik melibatkan reaksi kecemasan yang intens disertai dengan simtom-simtom fisik seperti jantung berdebar-debar, nafas cepat, nafas tersenggal atau kesulitan bernafas, berkeringat banyak dan rasa lemas serta pusing tujuh keliling.