Aplikasi Microsoft Paint dipastikan akan terhapus dari Microsoft

Jurnalteman | Aplikasi Microsoft Paint dipastikan akan terhapus dari Microsoft

Bagi kamu generasi 90-an yang tumbuh dengan PC sistem operasi Windows 98, XP atau Vista, pasti tahu betul dengan Microsoft Paint. Ya, Microsoft Paint adalah aplikasi lawas Microsoft untuk menggambar. Biasanya, Microsoft Paint digunakan untuk menggambar doodle atau sekadar mewarnai.

Kabar buruknya, Microsoft Paint sebentar lagi tidak akan didukung perusahaan. Menurut informasi yang dimuat di Gizmodo, Selasa (25/7/2017), aplikasi tersebut akan masuk ke dalam status deprecated (tak lagi berlaku) seiring dengan pembaruan software Windows 10 berikutnya.

Walau perusahaan teknologi yang berbasis di Redmond, AS mengklaim Microsoft Pain tak lagi didukung dan dihapus. Belum bisa dipastikan apakah Microsoft akan menggulirkan Paint versi baru dalam pembaruan Windows 10 Fall Creators Update.

Microsoft Paint sendiri dirilis pertama kali pada 1985 pada versi pertama Windows 1.0. Aplikasi tersebut selalu memiliki peningkatan fitur dalam setiap pembaruan versi Windows dari masa ke masa. Terkini, Microsoft Paint mengantongi 100 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Tak cuma menggambar dan mewarnai, Microsoft Paint juga memiliki sejumlah tool sederhana yang memungkinkan pengguna untuk mengedit gambar dengan crop dan resize. Meski demikian, fiturnya terbatas. Oleh sebab itu, tool edit gambar ini tidak bisa digunakan untuk mengedit layaknya Adobe Photoshop.

Tak cuma Microsoft Paint, sejumlah aplikasi lawas lain yang akan dihapus pada pembaruan Windows 10 teranyar meliputi Outlook Express, serta Microsoft Reader dan Reading List, yang mana akan terintegrasi dengan browser Microsoft Edge.