Kenapa ya kita bisa mengeluarkan air mata ketika memakan makanan pedas

Berita Hiburan

Jurnalteman | Kenapa ya kita bisa mengeluarkan air mata ketika memakan makanan pedas

Bagi pecinta makanan pedas, makanan yang mengandung banyak cabai sudah menjadi santapan sehari-hari. Tapi untuk sebagian orang, makan makanan yang pedas bisa menyebabkan mata dan hidung berair. Mengapa demikian?

Selain menambah citarasa makanan, cabai yang pedas dapat membuat tubuh sehat. Rasa pedas dan sensasi terbakar yang dihasilkan cabai disebabkan oleh konsentrasi tinggi dari bahan aktif yang disebut capsaicin.

Capsaicin merupakan bahan kimia nabati yang berasal dari alam. Bahan ini digunakan oleh cabai untuk sistem pertahanan dirinya agar tidak dimakan oleh pemangsa seperti hewan.

Capsaicin telah banyak dipelajari untuk efek mengurangi rasa sakit, manfaat baik untuk kardiovaskular, menurunkan berat badan dan membantu mencegah bisul. Selain itu, capsaicin ini juga yang membuat mata dan hidung orang yang memakannya berair. Mengapa?

Hal ini karena capsaicin dapat merangsang sekresi lendir yang membantu mengatasi hidung tersumbat, sesak paru-paru dan juga tentunya membuat orang seolah-olah menangis karena matanya berair.

Rasa pedas yang dapat merangsang sekresi lendir ini, menjadikan cabai baik untuk mencegah dan mengobati sinusitis, membantu mengurangi hidung tersumbat, flu dan sesak napas.

Tak hanya itu, mata berair ketika makan makanan pedas bisa juga disebabkan karena terjadi iritasi pada mucous membrane (selaput lendir) yang ada di mata.

Bila terjadi kontak dengan mucous membrane, seperti kulit atau mata, maka capsaicin akan menimbulkan rasa terbakar. Dan bila mempengaruhi mata, akan membuat orang menangis.

Berita Hiburan
Kelima artis terkenal ini tidak memakai Bra di tempat umum

Apa jadinya jika wanita tak memakai bra saat sedang ada di depan umum? Hmm, mungkin seperti 5 selebritis seksi Hollywood ini yang beberapa kali kepergok tampil tanpa bra hingga payudara mereka terekspos didepan publik! Setiap selebriti mempunyai gayanya masing-masing. Ada yang menggunakan kostum unik dan nyeleneh sebagai ciri khas mereka. …

Berita Hiburan
Tidur tanpa bantal ternyata banyak manfaatnya

Tidur nggak pakai bantal memang nggak enak. Tapi jangan salah, justru itu punya banyak manfaat sehat. Kok bisa, ya? Pasti deh kita termasuk orang yang terbiasa pakai bantal pas lagi asyik-asyiknya tidur? Jika ya, ubah kebiasaan tersebut tanpa bantal eh, tidur tanpa bantal, itu sesuatu yang baik, loh! Karena nih …

Berita Hiburan
Ini dia alasannya kenapa Pria bisa panik jika Smartphonenya dipegang pacarnya?

Ini dia alasannya kenapa Pria bisa panik jika Smartphonenya dipegang pacarnya? Semua hal yang berhubungan dengan pacar memang menarik. Upss.. Ini Alasan Kenapa Cowok Suka PANIK Saat Hp-nya Dipegang Pacarnya! Semua hal yang berhubungan dengan pacar memang menarik, karena pada dialah kamu menyimpan perasaan. Tapi rasa penasaran ini sudah berlebihan …