Persoalan Pria menikah dengan dua gadis sekaligus

Jurnal Harian

Jurnalteman - Persoalan Pria menikah dengan dua gadis sekaligus

Ada kejadian tidak lazim di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Seorang pria menikahi 2 gadis sekaligus.

"Secara agama dan aturan formal (pernikahan itu) tidak melanggar. Meski demikian ini jadi perhatian kita karena menyangkut aspek kehidupan sosial," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, Ahsanul Khalik, Kamis (6/7/2017).

Pria yang menikahi 2 gadis sekaligus bernama Senum (22), warga Desa Bilelando Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah. Sedangkan 2 gadis yang dinikai adalah Liana (22) dan Janatul Fatmi.

Senum melaksanakan adat merariq, yakni melarikan anak gadis untuk dinikahi, pada Senin (26/6/2017) lalu. Dia mendatangi rumah masing-masing calon istrinya. Liana yang pertama, Janantul kemudian. Keesokan harinya, akad nikah digelar.

"Berdasarkan informasi yang kami terima, mereka sudah lama pacaran. Lalu ya itu, minggu lalu menikah," jelas Ahsanul.

Ahsanul mengakui pernikahan tersebut tidak biasa. "Kalau pernikahan dini memang masih banyak di sana, tapi untuk pernikahan seperti ini jelas tidak lazim," tandasnya.

Dinsos NTB akan berkoordinasi dengan dinsos setempat dan instansi terkait untuk menyikapi pernikahan tersebut. Fokusnya bukan mempermasalahkan, melainkan memberikan imbauan agar fenomena tersebut tidak berdampak negatif ke masyarakat setempat.

Jurnal Harian
Mantap Jiwa! 8 Tahun Lamanya, “Bule Perancis” Ini Mengabdikan Hidupnya Untuk Bantu Masyarakat Sumba: Saya Ingin Mati Di Sini!

Namanya Andre Graff, usianya kini 56 tahun. Delapan tahun lalu ia datang sebagai turis ke Sumba. Mata hatinya terbuka melihat tanah yang gersang dan kesederhanaan kehidupan masyarakat di Nusa Tenggara Timur. Ia mulai mencari cara untuk mencari sumber air dari tanah dan menggalinya. Perjuangannya pun cukup sulit. Ia datang pertama …

Jurnal Harian
Jangan Minum Air Saat Duri Ikan Tersangkut di Tenggorokan, Sebaiknya Segera Lakukan Seperti Ini ! Banyak Kasus yang Fatal Karenanya

Tahukah Anda cara mengatasi duri ikan yang tersangkut di tenggorokan? Apa yang sebaiknya dilakukan jika kebetulan duri ikan tersangkut di tenggorokan ? Pertama, jangan lagi menelan apa pun, jangan minum air, tarik keluar jika memang masih bisa dikeluarkan, kalau tidak sebaiknya segera ke dokter! Coba minta bantuan orang lain untuk …

Berita Hiburan
Tempat-tempat Liburan Terbaik di Uluwatu, Bikin Jatuh Hati

Siapa sih yang nggak suka liburan ke Bali? Semua orang pasti bahagia kala menghabiskan waktu liburan di pulau yang dijuluki sebagai surga dunia ini. Apalagi kalau tujuan wisatanya di kawasan Uluwatu, hmm…dijamin langsung jatuh cinta pada pandangan pertama ke salah satu tempat wisata terbaik di Bali ini. Sudah dapat tempat …