Persoalan Pria menikah dengan dua gadis sekaligus

Jurnalteman - Persoalan Pria menikah dengan dua gadis sekaligus

Ada kejadian tidak lazim di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Seorang pria menikahi 2 gadis sekaligus.

"Secara agama dan aturan formal (pernikahan itu) tidak melanggar. Meski demikian ini jadi perhatian kita karena menyangkut aspek kehidupan sosial," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, Ahsanul Khalik, Kamis (6/7/2017).

Pria yang menikahi 2 gadis sekaligus bernama Senum (22), warga Desa Bilelando Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah. Sedangkan 2 gadis yang dinikai adalah Liana (22) dan Janatul Fatmi.

Senum melaksanakan adat merariq, yakni melarikan anak gadis untuk dinikahi, pada Senin (26/6/2017) lalu. Dia mendatangi rumah masing-masing calon istrinya. Liana yang pertama, Janantul kemudian. Keesokan harinya, akad nikah digelar.

"Berdasarkan informasi yang kami terima, mereka sudah lama pacaran. Lalu ya itu, minggu lalu menikah," jelas Ahsanul.

Ahsanul mengakui pernikahan tersebut tidak biasa. "Kalau pernikahan dini memang masih banyak di sana, tapi untuk pernikahan seperti ini jelas tidak lazim," tandasnya.

Dinsos NTB akan berkoordinasi dengan dinsos setempat dan instansi terkait untuk menyikapi pernikahan tersebut. Fokusnya bukan mempermasalahkan, melainkan memberikan imbauan agar fenomena tersebut tidak berdampak negatif ke masyarakat setempat.