Jurnal Harian

Pasca Penggusuran Ini Kondisi Terkini Bukit Duri

JURNALTEMAN | Pasca Penggusuran Ini Kondisi Terkini Bukit DuriJURNALTEMAN | Pasca Penggusuran Ini Kondisi Terkini Bukit Duri

JURNALTEMAN | Pasca Penggusuran Ini Kondisi Terkini Bukit Duri, JAKARTA – Usai penggusuran kawasan Bukit Duri oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, kondisinya kini seolah terbengkalai. Lokasi yang terletak di wilayah Jakarta Selatan itu dipenuhi sisa-sisa puing bangunan yang berserakan.

Pantauan saat menyusuri kawasan itu, sepanjang jalan hanya ditemui sisa reruntuhan rumah warga yang dibongkar. Kemudian, ada sekiranya tiga buah alat berat terparkir di lokasi.

Tak ada satu pun aktivitas warga yang terlihat di kawasan itu. Bahkan, kegiatan dari petugas merelokasi daerah ini juga tak tampak. Hanya segelintir warga yang melintas di daerah tersebut.

JURNALTEMAN | Pasca Penggusuran Ini Kondisi Terkini Bukit DuriJURNALTEMAN | Pasca Penggusuran Ini Kondisi Terkini Bukit Duri

Namun, di kawasan itu masih tampak satu bangunan yang berdiri gagah yaitu tempat ibadah, Musala Al Saadah. Pasalnya, bangunan itu masih belum dibongkar lantaran belum adanya pengganti tempat ibadah.

Salah satu warga Bukit Duri yang ditemui di lokasi, Ahmad (38) menyatakan, sebagian warga memilih pindah ke sekitar lokasi Bukit Duri. “Warga di sini sebagian pada enggan dipindah ke rumah susun (rusun), mereka sebagian pindah ke kawasan Poncol, Jakarta Selatan,” katanya, Rabu (19/10/2016).

Seperti diketahui, pada 28 September 2016 sejumlah bangunan di kawasan Bukit Duri, Jakarta Selatan dibongkar pihak Pemprov DKi Jakarta. Dalam penggusuran tersebut melibatkan ratusan petugas Satpol PP.

Sebagian warga Bukit Duri sudah direlokasi ke Rusun Rawa Bebek, Cakung, Jakarta Timur. Namun, dalam relokasi itu, warga merasa Pemprov DKI tak adil dalam pembagian kunci kepada warga.