Diler RMA Gantikan Ford Indonesia Ini Harapan Wiraniaga

JURNALTEMAN | Diler RMA Gantikan Ford Indonesia Ini Harapan WiraniagaJURNALTEMAN | Diler RMA Gantikan Ford Indonesia Ini Harapan Wiraniaga

JURNALTEMAN | Diler RMA Gantikan Ford Indonesia Ini Harapan Wiraniaga, JAKARTA – RMA (F) Managed Markets Limited yang merupakan bagian dari RMA Group ditunjuk oleh Ford Motor Company untuk menggantikan PT Ford Motor Indonesia (FMI) mulai 1 November 2016. RMA Group akan melanjutkan pelayanan aftersales bagi konsumen Ford sepeninggal FMI.

Salah seorang wiraniaga diler Ford Nusantara, Bekasi, Jawa Barat, mengatakan, penunjukan RMA diharapkan bisa mengembalikan kepercayaan konsumen terhadap merek mobil Amerika itu.

“Kalau dibilang masih susah ya tetap begitu, karena jualan yang lain pun setahu saya susah. Dengan adanya RMA sebagai pengganti, paling enggak kami bisa memberi tahu ke konsumen, biar mereka percaya lagi kalau ini Ford masih kasih pelayanan,” ujar perempuan yang meminta identitasnya tidak disebutkan itu, kala ditemui Okezone, Kamis (13/3/2016).

Informasi FMI akan menghentikan aktivitas bisnis di Indonesia membuat penjualan Ford sangat jatuh. Tak hanya itu, ia menceritakan beberapa teman di kantornya memilih keluar dari pekerjaan. Meski kondisinya berat, namun perempuan yang baru setahun bekerja sebagai wiraniaga Ford tersebut mengaku dalam sebulan masih bisa menjual dua mobil.

“Lagi enak-enak jual Ford Ecosport terus ada isu penutupan, langsung drop semua, yang inden langsung pada batal. Ya, saya jelasin, yang tutup itu agen pemegang merek (APM) bukan pabriknya, APM itu yang menghubungkan kami para diler dengan pabrik. Akhirnya konsumen masih bisa percaya, walaupun masih transisi, Ford tetap ada yang mencari,” jelasnya.

Seperti diinformasikan, RMA akan bertanggung jawab penuh atas jaminan garansi, dukungan servis, dan penyediaan suku cadang bagi pelanggan Ford di Indonesia. Melalui jaringan Pusat Servis Resmi Ford (Ford Authorized Service Center) di Tanah Air, pelanggan dapat terus menerima layanan dan perawatan resmi kendaraan mereka.

Diketahui, RMA juga merupakan mitra lama Ford Motor Company yang menjadi distributor dan diler Ford di sejumlah pasar global, seperti Thailand, Laos, Kamboja, Myanmar, Sri Lanka, dan Kazakhstan.