Jurnal Harian

Protes Meningkat Yunani Segera Pindahkan Pengungsi dari Kamp Penampungan

JURNALTEMAN | Protes Meningkat Yunani Segera Pindahkan Pengungsi dari Kamp PenampunganJURNALTEMAN | Protes Meningkat Yunani Segera Pindahkan Pengungsi dari Kamp Penampungan

JURNALTEMAN | Protes Meningkat Yunani Segera Pindahkan Pengungsi dari Kamp Penampungan, AEGEAN – Pemerintah Yunani dilaporkan siap memindahkan ribuan pengungsi dari kamp-kamp yang penuh sesak di Pulau Aegean. Pemindahan itu menyusul meningkatnya ketegangan di kamp penampungan dan berlanjutnya protes penduduk di sekitarnya.

Berdasarkan informasi dari Pemerintah Yunani, proses pemindahan akan dimulai dari anak-anak, orang tua, dan mereka yang dalam kondisi lemah. Prioritas terhadap kelompok tersebut karena meningkatnya kekhawatiran terhadap kelanjutan perjanjian antara Uni Eropa dan Turki untuk menahan arus imigran.

“Situasi di pulau-pulau penampungan sangat sulit dan perlu segera dicari solusinya,” ujar Wakil Menteri untuk Urusan Eropa, Nikos Xydakis, sebagaimana dilansir The Guardian, Senin (3/10/2016).

Oleh karena itu, Xydakis menilai akomodasi di daratan akan lebih cocok. Pemerintah Yunani kemudian akan mulai memindahkan para pengungsi dari orang-orang yang paling rentan. Ini dalam rangka melaksanakan dan melindungi perjanjian antara Eropa dan Turki.

Pemindahan tersebut diharapkan akan dilaksanakan pada pekan ini setelah muncul peringatan dari Turki. Dalam pidatonya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa perjanjian selama enam bulan dikhawatirkan batal karena adanya penundaan pembebasan visa.