Jurnal Harian

JURNALTEMAN | Pemulung Temukan Mayat Bayi di Tempat Pembuangan Akhir

JURNALTEMAN | Pemulung Temukan Mayat Bayi di Tempat Pembuangan AkhirJURNALTEMAN | Pemulung Temukan Mayat Bayi di Tempat Pembuangan Akhir

JURNALTEMAN | Pemulung Temukan Mayat Bayi di Tempat Pembuangan Akhir, YOGYAKARTA – Sesosok mayat bayi ditemukan di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, Bantul, Yogyakarta oleh salah satu pemulung.

Informasi yang dihimpun, mayat bayi berjenis laki-laki dengan panjang 50 sentimeter, berat 3 kilogram, dan masih terdapat tali pusarnya tersebut berada di dalam kantong plastik warna hitam, ditemukan oleh salah satu pemulung bernama Riyati (35). Saat itu riyanti membuka tas dan keluar tangan bayi.

“Plastik ditemukan berisi jasad bayi dan meminta tolong ke pemulung lain,” kata Koordinator Pengurus Pemulung Maryono kepada wartawan, Kamis (15/9/2016).

Ia belum bisa memastikan dari mana truk pengangkut sampah yang membaya jasad bayi malang tesebut. Namun, sebelum penemuan mayat bayi, ada truk sampah dari Kabupaten Sleman.

“Pagi tadi yang bongkar truk sampah cukup banyak. Namun, sebelum penemuan bayi truk yang membuang sampah milik Pemkab Sleman,” ujarnya.

Setelah diambil, bayi mungil itu lantas dibersihkan dan dilaporkan ke Polsek Piyungan. Petugas kepolisian datang bersama tim medis dari Puskesmas piyungan.

Kanit Binmas Polsek Piyungan AKP Sudasihana, mengatakan sampai saat ini sulit memastikan bayi tersebut dibuang dari mana karena sampah berasal dari beberapa wilayah. “Kita kesulitan mencari petunjuknya,” imbuhnya.

Dalam sebulan terakhir, ada dua jasad bayi yang dibuang ke TPST Piyungan. Kemungkinan bayi tersebut dibawa berasal truk sampah dari beberapa wilayah.