JURNALTEMAN | Komisi Yudisial Kalbar Bidik Anak Kuliahan Sosialisasikan Kinerja

JURNALTEMAN | Komisi Yudisial Kalbar Bidik Anak Kuliahan Sosialisasikan KinerjaJURNALTEMAN | Komisi Yudisial Kalbar Bidik Anak Kuliahan Sosialisasikan Kinerja

JURNALTEMAN | Komisi Yudisial Kalbar Bidik Anak Kuliahan Sosialisasikan Kinerja,  PONTIANAK- Memperkenalkan sebuah lembaga seperti Komisi Yudisial di tengah-tengah masyarakat bukanlah hal yang mudah. Meski demikian, Komisi Yudisial memiliki trik jitu agar tupoksi serta peran serta mereka dimengerti oleh masyarakat luas.

“Salah satunya memberikan pemahaman mengenai KY kepada seluruh mahasiswa di Kalimantan Barat,” ungkap Koordinator KY di Kalbar, Budi Dharmawan kepada┬áJurnalteman, Rabu (14/9/2016).

Menurut Budi Dharmawan, mahasiswa merupakan salah satu sasaran KY agar dapat memahami KY sehingga dapat memberikan pengertian kepada masyarakat luas akan keberadaan KY selaku lembaga negara termasuk tugas serta peran penting KY itu sendiri.

“Kami memulai melalui penerimaan baru di Universitas Tanjungpura dengan 300 mahasiswa di Fakultas Hukum. Selanjutnya kami juga akan bekerjasama dengan universitas lain di seluruh Kalbar,” ucapnya.

Selain memperkenalkan KY selaku lembaga negara, pihaknya juga memberikan sosialisasi terkait kewenangan KY dalam sebuah permasalahan ditengah masyarakat. “Termasuk tugas-tugas dari KY juga kami jelaskan kepada mahasiswa dan ternyata sampai sekarang mereka banyak yang tidak tau tentang KY,” imbuhnya.

Salah satu contoh sosialisasi yang diberikan KY kepada para mahasiswa adalah bahwa tugas pokok KY yaitu pengawas eksternal hakim diseluruh Indonesia termasuk di Kalbar.

“Kami menjelaskan salah satu contoh kewenangan KY adalah menjaga harkat dan martabat para hakim selama bersidang. Sehingga jika ada masalah terkait putusan hakim silahkan laporkan ke kami,” paparnya.

Budi berharap dengan seringnya KY bekerjasama dengan seluruh universitas di Kalbar, maka KY akan lebih dikenal sehingga membantu masyarakat termasuk para hakim dalam menjaga harkat dan martabat dalam memberikan keadilan di muka sidang. (afr)