Berita Olahraga

Liga Inggris Habiskan Rp 17,5 Triliun di Bursa Transfer

David Luiz salah satu transfer yang cukup menyedot perhatian di transfer Liga Inggris musim iniDavid Luiz salah satu transfer yang cukup menyedot perhatian di transfer Liga Inggris musim ini

Jurnalteman.com, London – Liga Inggris pecahkan rekor. Di bursa transfer musim panas yang baru berakhir pada Kamis (1/9/2016) pagi tadi, Liga Inggris tercatat sudah habiskan 1 miliar pounds (Rp 17,5 triliun) untuk belanja pemain.

Angka ini lewati nilai total transfer musim lalu di Liga Inggris yang mencapai 870 juta pounds (Rp 15,3 Triliun). Bagaimana tidak lewat, 14 dari 20 klub Liga Inggris tercatatkan pecahkan rekor transfer mereka sendiri.

Apalagi dengan kehadiran Paul Pogba ke Manchester United (MU) dengan transfer 93 juta pounds. Ini pecahkan rekor transfer di dunia yang sebelumnya dipegang Gareth Bale yang hijrah ke Real Madrid pada 2013.

Pemasukan dari hak siar televisi sebesar 5,1 miliar pounds tak pelak turut menyumbang borosnya klub-klub Liga Inggris dalam membeli pemain. Apakah ini membuat persaingan di bursa transfer makin sengit.

Daftar Pemain Termahal

Seperti dilansir soccerlens, dua klub Liga Inggris tercatat menjadi klub paling sibuk dalam membeli pemain. Dua klub itu yaitu Middlesbrough dan West Ham.

Kedua klub disebut sudah mendatangkan masing-masing 12 pemain anyar untuk memperkuat skuat guna mengarungi Liga Inggris 2016/17. MU tercatat menjadi klub terboros salah satunya dengan memboyong Pogba.

Berikut daftar pemain termahal di bursa transfer Liga Inggris:

Manchester United: Paul Pogba (93.25 juta pounds)

Manchester City: John Stones (47 juta)

Manchester City: Leroy Sane (37 juta)

Liverpool: Sadio Mane (36 juta)

Arsenal: Shkodran Mustafi (35 juta)

Arsenal: Granit Xhaka (35 juta)

Chelsea: David Luiz (34 juta)

Chelsea: Michy Batshuayi (33 juta)

Crystal Palace: Christian Benteke (32 juta)

Tottenham: Moussa Sissoko (30 juta)