Cerita Mahmoud Raslan, Fotografer Omran Daqneesh di Suriah

omran11Omran Daqneesh duduk berada dalam ambulans saat dievakuasi

SETELAH membuat gempar lewat foto viral bocah berumur 5 tahun yang terlihat memilukan dengan berlapiskan debu di sekujur tubuhnya dan darah yang mengering di dahi, kini sang bocah, Omran Daqneesh kembali menjadi perbincangan bersama fotografer yang memotretnya Mahmoud Raslan.

Mahmoud dikabarkan sebagai orang yang berada di balik kisah foto tersebut. Mahmoud merupakan relawan fotografer yang melintasi gedung reruntuhan tempat Omran tinggal. Kemudian ia membantu mengevakuasi korban di sana. Beruntung, Omran beserta keluarganya berhasil selamat dari konflik tersebut. Ayah, ibu, dan kakaknya berhasil diselamatkan walaupun dalam kondisi cukup parah.

Kondisi Omran tak berbeda jauh dari keluarganya. Namun, wajahnya yang lugu, datar, dan terkesan tidak menunjukan rasa sakit sedikitpun membuat Raslan yang melihatnya merasa sedih. Omran adalah salah satu dari sekian banyak anak yang menjadi korban konflik di Aleppo, Suriah. Setelah Aylan yang tenggelam di laut Mediterania, kini Omran juga menyedot perhatian dunia.

Kepada The Telegraph, Mahmoud menyebut Omran berbeda dengan kebanyakan bocah lainnya. Meski tampak syok, ia seakan ingin menunjukkan rasa tegar.

Wajah Omran yang berhasil diabadikan Mahmoud menunjukan ketegaran dan kedewasaan yang melebihi umurnya. Pasalnya, wajah bocah itu sama sekali tidak menyiratkan rasa sakit.

Melalui wajah lugu Omran, Mahmoud ini ingin berkata pada dunia untuk menghentikan peperangan yang menimbulkan semakin banyak korban.

Fotografer itu tak dapat lagi membendung air matanya. “Kami fotografer perang selalu menangis. Aku menangis berkali-kali saat merekam anak yang trauma itu. Semalam semua orang menangis,” ujarnya. (Erin Soleha)***