4 Fakta yang bikin harga HP makin mahal

Berita Teknologi

Jurnalteman | 4 Fakta yang bikin harga HP makin mahal Jurnalteman | 4 Fakta yang bikin harga HP makin mahal

1.Kena pajak barang mewah dan naiknya PPh
Jurnalteman | 4 Fakta yang bikin harga HP makin mahal – Harga telepon genggam semakin mahal setelah tahun lalu pemerintah secara resmi melansir paket kebijakan penyelamatan ekonomi jilid II, terkait pengenaan Pajak Penghasilan (PPh) pasal 22 tentang impor barang tertentu, dari 2,5 persen menjadi 7,5 persen.

Kebijakan penaikan PPh pasal 22 tersebut merupakan paket lanjutan setelah 4 program lain dilansir pada 24 Agustus lalu. Selain mengurangi impor, kebijakan kedua yang dikeluarkan hari ini adalah Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE).

Telepon seluler dan laptop, walaupun punya status bahan penolong di kode bea cukai, akan tetap kena kenaikan PPh jadi 7,5 persen. Alasannya, dua produk teknologi itu lebih sering masuk kategori konsumsi final.

Tidak cukup hanya itu, Pelaksana tugas Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Bambang Ps. Brodjonegoro memastikan bahwa ponsel pintar dikenakan pajak penjualan barang mewah (PPnBM). Saat ini, pihaknya masih mengkaji besaran tarif PPnBM yang akan dikenakan.

“Iya akan kena karena impor semua nggak ada yang dalam negeri ini,” katanya.

Menteri Perindustrian MS Hidayat semakin mantap menetapkan kebijakan pengenaan pajak penjualan barang mewah atau PPnBM sebesar 20 persen untuk impor ponsel. Dalam rencananya, semua ponsel dengan harga berapapun akan dikenakan pajak yang tinggi.

Hidayat tidak menampik adanya potensi penyelundupan ponsel ke Indonesia seiring dengan penerapan pajak ini. Namun, menurut Hidayat, penanganan masalah penyelundupan dipercayakan ke Direktorat Bea dan Cukai.

“Pasti penyelundupan marak, kewajiban PPnBM merangsang orang untuk menyelundup. Kita minta minta Bea Cukai untuk sergap. Ada penyelundupan tangkap,” ujar Hidayat di Cikarang, Selasa (8/4).

Meski demikian Hidayat berkukuh pemerintah perlu menerapkan kebijakan ini. Sebab, kebijakan ini dinilai paling pas untuk menyikapi persoalan tingginya impor ponsel dari tahun ke tahun. “Impor ponsel USD 5 miliar lebih per tahun. Ini depan mata bisa kita lakukan,” ucap Hidayat.

hfv6zoz2
2.Supaya makin disayang
Jurnalteman.com – Pemerintah mengatakan kenaikan PPh impor pasal 22 sudah diberlakukan tahun ini. Melalui aturan ini, pajak impor naik dari 2,5 persen menjadi 7,5 persen. Salah satu barang yang terkendala dampak ini adalah telepon genggam atau handphone (HP).

Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krishnamurti, mengatakan kenaikan harga HP juga sebagai bentuk pendidikan untuk masyarakat agar selalu menjaga barang milik mereka.

“Tahun depan orang lebih open (perhatian) sama HP mereka agar mereka jangan dibanting banting HP-nya itu,” ucap Bayu di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (13/12).

Walaupun ada kenaikan harga, menurutnya, penjualan telepon genggam tidak akan meningkat akhir tahun ini. Masyarakat dipercaya tidak akan menyetok HP yang kemudian dijual tahun depan.

“Saya kira enggak ada kenaikan. HP banyak sudah punya. Tumbuhnya engga terlalu spektakuler lagi. Dalam bulan ini tidak ada kenaikan luar biasa. Waktunya pendek,” tutupnya.

pgt40crx
3. Agar produsen HP bangun pabrik di Indonesia
Jurnalteman.com – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi terus mematangkan rencana untuk pengenaan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) sebesar 20 persen untuk ponsel pintar dengan harga di atas Rp 5 juta. Ini harus diberlakukan agar Indonesia bisa mengurangi ketergantungan impornya.

“Saya terus berbicara dengan Pak Hidayat (Menperin), Indonesia punya 220 juta pelanggan telepon seluler. Industri tak ada, kita terus diserang impor,” ucap Lutfi di Tanjung Priok, Jakarta, Senin (7/4).

Lutfi menjelaskan, dengan tingginya pajak bea masuk, pelaku industri ponsel dari pelbagai negara akan mengalihkan produksi mereka ke Indonesia. Lutfi juga tidak mau ambil pusing mengenai risiko meningkatnya penyelundupan.

“Pemberdayaan industri dalam negeri. Kalau ilegal itu kecurangan. Jangan sampai kecurangan mengorbankan industri nasional,” tegasnya.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, saat ini memang ada 3 perusahaan berskala kecil sudah berinvestasi memproduksi ponsel di dalam negeri, diantaranya adalah Axioo serta Polytron. Namun, produk ini diakui tidak bisa bersaing karena belum mempunyai brand atau merek dagang dalam bisnis ponsel.

“Produksi nasional itu cuma merek kecil-kecil. Untuk besar itu harus melalui investasi besar dan brand yang dikenal,” tegasnya.

a2c6abmh
4. Impor Ponsel mengkhawatirkan
Jurnalteman.com – Salah satu alasan yang mendorong harga telepon genggam semakin mahal adalah tingginya impor telepon genggam. Indonesia merupakan pasar telekomunikasi yang besar, bahkan mungkin yang terbesar setelah China.?

Sayangnya, pasar yang sangat besar itu tidak diimbangi dari sektor produksi, terutama produk ponsel yang setiap tahunnya mencapai Rp 29 triliun.

Defisit terjadi karena besarnya nilai impor ponsel yang mencapai Rp 29 triliun atau senilai dengan 31 persen dari total defisit neraca perdagangan Indonesia yang mencapai USD 8 miliar.

“Di tahun lalu, Indonesia setidaknya telah mengimpor sebanyak 15 ton ponsel yang nilainya mencapai USD 2,6 miliar,” ujar Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Kalamullah Ramli belum lama ini.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengakui saat ini Indonesia masih rajin mengimpor telepon genggam atau ponsel. Sebab, sejauh ini ponsel buatan anak negeri belum mampu bersaing dengan produk impor.

Hidayat mengatakan, sepanjang 2013, setidaknya 60 juta unit ponsel meringsek masuk Indonesia. Kebanyakan ponsel tersebut buatan China.

“Dalam satu tahun kita impor 60 juta unit HP, itu data tahun yang lalu dan mayoritas dari China,” ucap Hidayat di kantornya, Jakarta, Selasa (4/3).

situs poker online | togel sgp | berita hari ini | berita terbaru dunia | teman movie | nonton gratis | Nonton HD | nonton movie hd | movie hd | film indonesia | film populer | film baru | film terbaru | nonton film hd | nonton gratisan | film blueray | nonton full hd | nonton Subtitle Indonesia | nonton movie | Film SemiFilm Bokep

Berita Teknologi
Merek Mobil China Sukses Salip Korea dan Jepang

CNN Indonesia, Jakarta, Jum’at 18/05/2018 Pasar mobil Indonesia kian semarak pada periode Januari-April 2018 dengan kehadiran merek-merek China seperti Wuling dan Dongfeng Sokon (DFSK),,, Manufaktur otomotif asal Negeri Tirai Bambu tersebut setidaknya membantu menghantarkan penjualan wholesales mobil nasional hingga menyentuh 394.421 unit, atau naik 5,6% ketimbang periode sama 2017 sebanyak 373.348 unit,,, Merek otomotif asal China …

Berita Teknologi
Kiat memulai bisnis komputer dengan 4 cara ini

Kiat memulai bisnis komputer dengan 4 cara ini Apakah Anda mau memulai bisnis komputer? Bagaimana kah tips mudah mengelola bisnis penjualan komputer? Beberapa pertanyaan seputar bisnis komputer ini silahkan Anda menjawab sendiri. Karena saya akan memberikan tips bisnis yang langsung bisa Anda gunakan sebagai langkah membangun bisnis komputer. Persaingan memang …

Berita Teknologi
OPPO R15 akan segera meluncur..Berikut ini spesifikasinya

OPPO R15 akan segera meluncur..Berikut ini spesifikasinya Oppo sedang bersiap meluncurkan smartphone terbarunya, seri Oppo R15. Informasi yang beredar akhir pekan lalu menyebutkan bahwa Oppo R15 bakal resmi diperkenalkan pada 31 Maret mendatang. Dugaan tersebut didasarkan pada iklan sebuah acara televisi di negeri asal Oppo, China. Iklan berisi event peluncuran …